The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Miliki Bentuk yang Indah, Ini Fakta dari Bunga Matahari yang Perlu Kamu Ketahui
Bunga Matahari. (Orami.co.id)
Fakta Dan Mitos

Miliki Bentuk yang Indah, Ini Fakta dari Bunga Matahari yang Perlu Kamu Ketahui

Apa saja?

Rabu, 24 November 2021 10:02 WIB 24 November 2021, 10:02 WIB

INDOZONE.ID - Bunga matahari menjadi salah satu bunga yang memiliki keidahan dan keunikan tersendiri. Warna kuningnya yang cerah dan bersinar membuat bunga ini semakin disenangi oleh banyak orang dan bahkan dijadikan sebagai tanaman favorit di sudut halaman rumah.

Tak ayal keindahannya, beragam fakta menarik juga disajikan oleh bunga dengan nama ilmiah "Heliantuhus Annuus" ini. Mulai dari asalnya hingga ragam manfaatnya bagi tubuh manusia.

1. Berasal dari benua Amerika

Jika kamu penasaran dari mana bunga yang memiliki nama inti pusat tata surya ini, ia berasal dari Amerika Utara. 300 tahun sebelum Masehi, penduduk Amerika sudah mengetahui tanaman ini sebagai tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan.

Fakta bunga matahari
Pengolahan bunga matahari. (Istimewa)

Penduduk Amerika memanfaatkan bunga matahahari untuk dijadikan obat, minyak, dan juga makanan pokok. Hingga pada tahun 1500-an bangsa Spanyol membawa bunga matahari ke daratan Eropa.

Baca Juga: Kaya Vitamin dan Mineral, Kenali Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit

2. Bijinya tinggi akan nutrisi

Memakan biji kuaci adalah hal yang menyenangkan dilakukan dikala sedang hangout bersama teman. Rupanya tak hanya menyenangkan, memakan biji kuaci juga baik loh untuk tubuh kamu.

Pasalnya biji kuaci mengandung protein, kalium. magnesium, kalsiun, zat besi dan juga vitamin E. Nutrisi ini tentunya sangat baik akan kesehatan dan membuat tubuh menjadi bertenaga.

3. Butuh sinar matahari yang banyak

Sesuai namanya, bunga ini sangat membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk tumbuh. Oleh karena itu, tanaman ini tidak disarankan di tanam di dalam rumah ataupun halaman yang menyerap sedikit sinar matahari.

Bunga matahari yang ditanam setidaknya membutuhkan enam sampai delapan jam penyinaran matahari setiap harinya. Selain itu, bunga matahari juga mempunyai sifat unik, yaitu sifat heliotropisme. Sifat heliotropisme membuat bunga matahari akan selalu mengikuti arah matahari selama sehari.

4. Terdiri dari ribuan bunga kecil

Jika kamu berpikir satu kelopak bunga matahari adalah satu bunga, maka kamu selama ini salah menilainya. Karena bunga matahari ternyata terdiri dari ribuan bunga kecil pada setiap kelopaknya.

Fakta bunga matahari
Bunga Matahari terdiri dari ribuan bunga. (Freepik)

Menurut ahli botani, hal ini disebut dengan bunga ray. "Mata" bagian dalam terdiri dari atas kuntum cakram, yang disusun dalam pola spiral yang saling berhubungan.

5. Sebagai ikon seni dan budaya

Selain bisa dijadikan obat, makanan dan minyak, bunga matahari juga dikenal sebagai lambang ikon seni dan budaya. Hal ini lantaran bunga matahari banyak menginspirasi seniman-seniman dunia sperti pelukis Vincent Van Gogh yang melukiskan bunga matahari pada kanvas menggunakan cat minyak.

Lukisan ini begitu terkenal dan menjadi salah satu karya terbaik dari Van Gogh.

Selain itu, banyak lagu yang menggunakan judul “Sunflower” atau Bunga Matahari” yang ditulis oleh beberapa seniman musik di dunia. Karena hal tersebutlah, bunga matahari dijadikan ikon seni dan budaya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US