The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejarah 20 Februari: Liga Premier Inggris Dibentuk yang Kelak Jadi Liga Sepak Bola Nomor 1
Logo Liga Premier (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Sejarah 20 Februari: Liga Premier Inggris Dibentuk yang Kelak Jadi Liga Sepak Bola Nomor 1

Minggu, 20 Februari 2022 15:38 WIB 20 Februari 2022, 15:38 WIB

INDOZONE.ID - Pada 20 Februari 1992, tepat hari ini 29 tahun yang lalu, dibentuknya English Premier League atau Liga Utama Inggris atau Liga Premier Inggris yang kelak menjadi liga sepak bola nomor satu di dunia.

Liga Premier Inggris (selanjutnya Liga Premier) merupakan liga tertinggi dalam sistem sepak bola di Britania Raya. Liga tersebut diikuti sebanyak 20 klub sepak bola dengan menerapkan sistem promosi dan degradasi dengan English Football League (EFL).

Dibentuknya Liga Premier berawal dari kemundurannya sepak bola Inggris pada 1980-an. Kala itu, klub-klub sepak bola Inggris diberi sanksi larangan bermain selama lima tahun setelah Tragedi Haysel pada 1985.

Hal itu berdampak pada Divisi Pertama, liga tertinggi sepak bola Inggris yang sudah didirikan sejak 1888 yang mengalami ketertinggalan dari liga-liga di Eropa lainnya seperti Serie A di Italia atau La Liga di Spanyol.

Divisi Pertama mengalami penyusutan yang luar biasa dari segi ekonomi karena pendapatannya yang berkurang, penonton yang hadir semakin sedikit, dan berpindahnya sejumlah pemain unggulan Inggris ke luar negeri.

Pada 1990, direktur pelaksana London Weekend Television (LWT), Greg Dyke mengajak perwakilan dari lima klub sepak bola besar di Inggris (Manchester United, Liverpool, Tottenham, Everton, dan Arsenal) untuk berkumpul pada sebuah makan malam.

Pertemuan itu dilakukan untuk membuka jalan bagi klub-klub tersebut untuk keluar dari Divisi Pertama yang berada di bawah naungan The Football League.

Pada 1991, sebuah proposal diajukan untuk membuat sebuah liga baru yang diharapkan akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar, termasuk untuk para pemain. Lalu, The Founder Members Agremenet menyetujui pembentukan liga baru bernama FA Premier League pada 17 Juli 1991.

Berkat disiarkan di televisi, Liga Premier mendapatkan keuntungan finansial besar dari hak siar. Selain itu, pundi-pundi keuangan juga terus bertambah berkat sponsor yang terus berdatangan.

Liga Premier kini menjadi kompetisi tertinggi di sistem Liga Inggris. Sementara Football League yang terdiri dari 4 divisi (First Division, Second Division, Third Division, Fourth Division) berada di bawah Liga Premier.

Musim 1992-93 menjadi musim pertama Liga Premier yang diikuti oleh 22 klub, dimana Manchester United keluar sebagai juara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US