The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

RA Kartini Meninggal Dunia 4 Hari Usai Melahirkan, Dugaan Kematian Karena Pre-Eklampsia!
RA Kartini. (photo/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

RA Kartini Meninggal Dunia 4 Hari Usai Melahirkan, Dugaan Kematian Karena Pre-Eklampsia!

Selasa, 14 September 2021 14:52 WIB 14 September 2021, 14:52 WIB

INDOZONE.ID - Penyebab kematian RA Kartini setelah melahirkan sungguh prihatin. Pada 13 September 1904, penulis dari "Habis Gelap Terbitlah Terang" itu melahirkan putranya, Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat, dan dilaporkan meninggal 4 hari setelah menjalani persalinan tersebut.

Kartini sendiri menghembuskan napas terakhir pada 17 September 1903, usianya terbilang muda saat itu masih 25 tahun. Setelah pernikahannya masih satu tahun, ia dipersunting Bupati Rembang, yang telah menikahi 3 perempuan lainnya. 

Penyebab kematian dari Kartina sendiri dikenal dengan pre-eklampsia, yaitu kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil dengan usia kandungan lebih dari 20 minggu. Risiko terkena pre-eklampsia rawan dialami ibu hamil yang berusia lebih dari 40 tahun atau malah kurang dari 20 tahun. 

Mengutip mayoclinic.org, terdapat beberapa faktor penyebab pasti dari pre-eklampsia. Para ahli menyebutkan proses terjadinya itu dimulai ketika saat plasenta yakni organ yang memberikan makanan janin selama kehamilan. 

Normalnya pada awal kehamilan, pembuluh darah berkembang dan berevolusi untuk mengirimkan darah ke plasenta secara efisien. Tapi, pada wanita penyitas pre-eklampsia, pembuluh darah ini tampaknya tidak berkembang ataupun tak mampu berfungsi dengan baik. Pembuluhnya lebih sempit dari pembuluh darah normal dan bereaksi berbeda pada sinyal hormonal. 

Beberapa penyebabnya adalah aliran darah ke rahim tak mencukupi, kerusakan pada pembuluh darah, terjadi masalah dengan sistem kekebalan tubuh, juga akibat gen tertentu. Selain itu, beberapa penyakit bawaan juga dapat memicu kondisi ini,  diabetes, penyakit lupus, hipertensi, penyakit ginjal, hingga kekurangan nutrisi juga melahirkan bayi kembar. Pre-eklampsia yang dialami RA Kartini pun diduga menjadi penyebab kematiannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US