The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daftar Mitos-mitos Mengenai Kesehatan yang Beredar dan Dipercaya Masyarakat
Kesehatan. (photo/Ilustrasi/Pexels/Miguel Á. Padriñán)
Fakta Dan Mitos

Daftar Mitos-mitos Mengenai Kesehatan yang Beredar dan Dipercaya Masyarakat

Rabu, 08 Desember 2021 16:57 WIB 08 Desember 2021, 16:57 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat banyak mitos kesehatan yang telah beredar di masyarakat. Di mana, kebanyakan mitos yang beredar berasal dari tradisi bahkan budaya sekitar tempat tinggal.

Mitos-mitos yang beredar bukannya membantu masyarakat sekitar, akan tetapi membuat masyarakat menjadi panik serta khawatir akan masalah kesehatan mereka. Lantas, mitos apa sajakah itu? 

1. Mitos meregangkan jari tangan terus menerus dapat menyebabkan radang sendi. 

Meregangkan jari secara keseringan dapat memberikan suasana kebisingan bagi orang sekitar karena bunyinya seperti tulang yang hendak patah. Namun, ada mitos mengatakan bahwa meregangkan jari dapat menyebabkan radang sendi. Apakah hal tersebut bersifat benar?

Namun, faktanya belum ada bukti kuat yang dapat membenarkan bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan penyakit radang sendi atau arthritis. 

2. Mitos makanan yang jatuh ke lantai sebelum 5 detik aman untuk dikonsumsi

Mitos ini merupakan salah satu mitos yang sering didengar oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Di mana, mitos tersebut mengatakan bahwa makanan aman untuk dikonsumsi jika makanan belum melewati batas waktu 5 detik setelah jatuh. 

Padahal, makanan yang telah jatuh tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri secara tidak sengaja sehingga berbahaya untuk dikonsumsi. 

3. Mitos minuman alkohol yang bisa menghangatkan tubuh

Minuman alkohol dipercayai dapat menghangatkan tubuh setelah dikonsumsi. Namun, dalam faktanya bukan minuman alkohol yang dapat menghangatkan tubuh, tetapi disebabkan oleh darah yang telah menjauh dari organ tubuh dan mengalir menuju ke kulit. 

4. Mitos udara dingin dapat mengakibatkan sakit

Dipecayai bahwa udara yang dingin dapat mengakibatkan sakit pada seseorang, Namun, faktanya bahwa udara dingin bukanlah merupakan suatu faktor yang menyebabkan seseorang menjadi sakit. 

Bahkan, dalam cuaca yang dingin, Anda lebih senang untuk menghangatkan diri dalam rumah guna untuk membuat tubuh lebih kuat melawan kuman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US