The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Penjelasan Tentang Déjà Vu yang #KAMUHARUSTAU
Ilustrasi Déjà Vu. (photo/medicalnewstoday.com)
Fakta Dan Mitos

Inilah Penjelasan Tentang Déjà Vu yang #KAMUHARUSTAU

Simak ya guys!

Kamis, 14 Januari 2021 11:24 WIB 14 Januari 2021, 11:24 WIB

INDOZONE.ID - Déjà Vu adalah gejala dimana seseorang merasakan perasaan yang aneh terhadap sesuatu dan berpikir bahwa kejadian tersebut sudah pernah terjadi sebelumnya. Déjà Vu sendiri merupakan bahasa dari Prancis yang mempunyai arti sebagai sudah terlihat. 

Berdasarkan hal tersebut, banyak orang dengan bersusah payah untuk berpikir guna untuk mendapatkan jawaban kapan kejadian tersebut sebenarnya terjadi dalam kehidupan seseorang. 

Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh psikolog asal Colorado, Amerika Serikat menyatakan bahwa Déjà Vu terjadi karena disebabkan oleh perasaan kita saja. 

Menurut dari Cleary, Déjà Vu dapat terjadi dikarenakan kondisi manifestasi pada suasana keakraban tertentu. Dimana anda memiliki keakraban dengan situasi yang tidak pernah anda rasakan sebelumnya dan Déjà Vu sering disertai dengan perasaan kuat yang dapat digunakan untuk memprediksi masa depan. 

Bahkan, Cleary dan tim dikabarkan melakukan penelitian terhadap 298 responden. Dalam percobaan pertama, ia dan timnya dikabarkan akan membangun sebuah lingkungan yang memiliki tatad spasial sama dengan permainan The Sims, namun tata letak dari barang tersebut berbeda.

Lewat tes sederhana yang dilakukan, duplikasi dari percobaan ini dapat mendorong perasaan Déjà Vu yang ada pada setiap peserta. Atas hal itu, Cleary memberikan komentarnya.

"Kita tidak dapat mengingat kejadian sebelumnya secara sadar, tapi otak kita mengenali adanya kesamaan atau kemiripan. Hal ini adalah sesuatu yang meresahkan tapi, kita juga tidak bisa mengetahui kapan atau mengapa itu terjadi," ungkap Cleary mengutip Science Alert.

"Hipotesis saya, déjà vu adalah manifestasi keakraban tertentu. Anda memiliki keakraban dalam sebuah situasi di mana Anda tidak merasa pernah mengalaminya," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US