The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibu yang Melahirkan Anak Kembar Bakal Punya Umur Panjang, Ini Faktanya
Ilustrasi bayi kembar (Nakita)
Fakta Dan Mitos

Ibu yang Melahirkan Anak Kembar Bakal Punya Umur Panjang, Ini Faktanya

Sabtu, 23 Januari 2021 13:15 WIB 23 Januari 2021, 13:15 WIB

INDOZONE.ID - Jurnal Proceedings of the Royal Society 2011 menyebutkan bahwa perempuan yang melahirkan anak kembar ternyata memiliki kemungkinan memiliki umur yang panjang dibandingkan ibu pada umumnya yang hanya melahirkan satu anak.

Dapat dikatakan seperti itu, karena ibu yang melahirkan anak kembar ternyata lebih kuat secara fisik dibandingkan ibu pada umumnya sehingga mereka akan hidup lebih lama.

Peneliti Shannen Robson dari University of Utah menyebut hal itu sangat mengejutkan, karena secara umum manusia hanya bisa melahirkan satu orang anak. Sehingga ibu yang melahirkan anak kembar terkesan berat dan memiliki risiko kematian lebih tinggi. 

"Kami mengira sebaliknya, karena manusia secara umum hanya melahirkan satu anak, ibu yang melahirkan anak kembar terkesan sangat berat menjalani hidup sehingga memiliki risiko kematian lebih tinggi," kata Shannen Robson.

Tapi nyatanya, penelitian yang melakukan survei terhadap ibu-ibu yang melahirkan anak-anak di tahun 1800-an menemukan bahwa usia ibu yang melahirkan anak kembar ternyata lebih lama dibandingkan ibu yang hanya melahirkan satu anak saat melahirkan. Ibu yang melahirkan kembar memiliki potensi panjang umur 1,9 hingga 2,3 kali lipat lebih tinggi dibanding ibu pada umumnya.

Ilustrasi anak kembar
Pexels/ Cleyder Duque

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri Octapia Saragih
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US