Mengenal Kota Bawah Tanah Kuno Derinkuyu di Turki
Kota bawah Derinkuyu. (chucklereader.com)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Kota Bawah Tanah Kuno Derinkuyu di Turki

Rabu, 19 Februari 2020 18:00 WIB 19 Februari 2020, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Kota bawah tanah Derinkuyu adalah kota bawah tanah kuno bertingkat dengan lebih dari 20 tingkat ke bawah. Kedalaman kota ini sekitar 54 meter di bawah permukaan tanah.

Kota bawah tanah ini berada di Turki tepatnya di Subprovinsi Derinkuyu, Provinsi Nevsehir.  Wilayah ini memang terkenal karena lansekapnya yang terlihat seperti permukaan bulan. 

Dari sekian kota bawah tanahh yang pernah ditemukan dan diteliti, kota bawah tanah Derinkuyu dianggap yang paling besar. 

Kota ini dapat menampung sekitar 20.000 orang beserta hewan ternak dan bahan makanan. 

Seperti halnya lingkungan tempat tinggal, di sini terdapat sekolah, gudang, lorong-lorong, ruang pertemuan, dapur umum hingga penjara. 

Menurut penelitian, kota bawah tanah ini dulunya merupakan sebuah gua yang dihuni oleh bangsa Phrygia pada abad ke-7 hingga ke-8. 

Gua ini ditempati untuk bersembunyi dari bangsa lain. Kota ini diperkirakan telah ditinggalkan penduduknya pada tahun 1923 dan ditemukan di tahun 1963. 

Situs bersejarah ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1969 dan hanya sebagian dari kota ini saja yang dapat diakses oleh pengunjung. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US