Biografi Benazir Bhutto Mantan Perdana Menteri Pakistan
photo/pakistantoday.com.pk
Fakta Dan Mitos

Biografi Benazir Bhutto Mantan Perdana Menteri Pakistan

Rabu, 13 November 2019 16:00 WIB 13 November 2019, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Benazir Bhutto adalah wanita kelahiran Karachi, Pakistan pada tanggal 21 Juni 1953. Ia merupakan wanita pertama yang memimpin sebuah negara Muslim di masa pasca kolonial.

Dirinya terpilih menjadi Perdana Menteri Pakistan di tahun 1988 namun 20 bulan kemudian, Presiden Pakistan Ghulam Ishaq Khan menggulingkan kekuasaannya atas tuduhan korupsi dan penyimpangan lainnya. 

Di tahun 1993 ia kembali ke dalam jabatannya hingga tahun 1996 kekuasaannya kembali dibubarkan atas tuduhan korupsi. Tuduhan korupsi berulangkali dilontarkan pada Benazir hingga akhirnya ia didenda dan dipenjara. 

Di tahun 2002 ia kembali mengetuai partainya, PPP namun muncul peraturan yang hanya memperbolehkan Perdana Menteri menjabat dua periode. Hal ini dianggap untuk menghentikan Benazir untuk kembali menjabat. 

Pada tahun 2007, ia kembali dan menggerakkan tuntutan reformasi politik. Di bulan Oktober 2007, seorang pembom bunuh diri menjadikan Benazir target hingga menewaskan hampi 150 orang. 

Percobaan itu gagal, Benazir selamat. Namun, pada 27 Desember 2007 Benazir tewas dibunuh oleh seseorang yang sengaja menembaknya. Setelah itu pelaku meledakkan dirinya dengan bom.

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer
Reka Kumara

Reka Kumara

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU