The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Tubuh Manusia Mengandung Aliran Listrik?
Ilustrasi listrik di tubuh manusia. (haelanlifestream.com)
Fakta Dan Mitos

Benarkah Tubuh Manusia Mengandung Aliran Listrik?

Kamis, 06 Agustus 2020 12:26 WIB 06 Agustus 2020, 12:26 WIB

INDOZONE.ID - Secara sederhana listrik dapat diartikan sebagai aliran muatan antara proton (bermuatan positif) dan elektron (bermuatan negatif) yang mengalir pada sebuah penghantar (konduktor) dalam suatu rangkaian. 

Namun apakah di dalam tubuh manusia terdapat aliran listrik?

Ternyata di dalam tubuh kita juga terdapat aliran listrik alami untuk mengatur berbagai fungsi organ, mulai dari jantung sampai ke otak.

Arus listrik kecil di dalam tubuh manusia ini ada karena reaksi kimia yang terjadi sebagai bagian dari fungsi tubuh normal, bahkan tanpa adanya medan listrik eksternal.

Bahkan jantung pun aktif secara elektrik - suatu aktivitas yang dapat dilacak oleh dokter Anda dengan bantuan elektrokardiogram.

Sementara itu, terjadinya aktivitas listrik tubuh terutama pada membran sel. Hampir semua sel di dalam tubuh kita mampu menghasilkan listrik.

Setiap proses yang membuat kita tetap hidup saat ini jelas berkaitan dengan medan listrik yang dibuat oleh beberapa komponen tubuh.

Semua aktivitas bergantung pada sinyal listrik tubuh, dimana kerusakan pada sistem kelistrikan tubuh akan menjadi masalah. 

Tersengat Saat Tak Sengaja Bersentuhan dengan Seseorang

Salah satu bukti jika tubuh kita memiliki aliran listrik adalah saat tak sengaja bersentuhan dengan seseorang dan merasa seperti tersengat

Meskipun sensasi tersetrum itu hanya terjadi sesaat dan tidak menyebabkan rasa sakit. 

Hal itu terjadi jika atom pada kulit seseorang kelebihan elektorn bersentuhan dengan kulit seseorang yang kelebihan proton. 

Muatan negatif dan positif tersebut akan bereaksi sehingga terasa seperti sengatan listrik. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US