The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Siapa Sebenarnya Dalang di Balik Pembunuhan John F Kennedy Tahun 1963?
Misteri dalang pembunuhan John F. Kennedy. (Photo/The Washington Post)
Fakta Dan Mitos

Siapa Sebenarnya Dalang di Balik Pembunuhan John F Kennedy Tahun 1963?

Senin, 17 Januari 2022 01:10 WIB 17 Januari 2022, 01:10 WIB

INDOZONE.ID - John F. Kennedy (JFK) adalah Presiden Amerika Serikat ke-35 yang meninggal pada hari Jumat, 22 November 1963 di Dallas, Texas. Ia tewas saat mengendarai iring- iringan mobil kepresidenan melalui Dealey Plaza.

Sedihnya, JFK tewas saat sedang berkendara bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istri Connally Nellie ketika dia ditembak mati dari gedung terdekat oleh Lee Harvey Oswald, seorang veteran Marinir AS.

Lee Harvey Oswald
Lee Harvey Oswald. (Photo/Hystory)

Menyadur laporan dari Cracked, Gubernur Connally terluka parah dalam serangan itu. Iring-iringan mobil bergegas ke Parkland Memorial Hospital di mana Kennedy dinyatakan meninggal sekitar 30 menit setelah penembakan; Connal pulih.

Departemen Kepolisian Dallas menangkap Oswald 70 menit setelah penembakan awal. Oswald didakwa di bawah hukum negara bagian Texas dengan pembunuhan Kennedy dan JD Tippit, seorang perwira polisi Dallas.

Baca juga: Selain Papan Ouija, Permainan Ini Juga Bisa Memanggil Hantu dari Belahan Dunia

Disisi lain, banyak yang berspekulasi bahwa bukan Lee Harvey Oswald yang menjadi satu-satunya orang yang mencoba membunuh JFK. Bahkan, pada 24 November 1963, sebelum Oswald diadili, Oswald ditembak mati oleh pemilik klub malam Jack Ruby. Setelah itu, Ruby meninggal karena kanker paru-paru pada 3 Januari 1967.


Lee Harvey Oswald ditembak mati ruby
Detik-detik Ruby menembak Lee Harvey Oswald. (Photo/Wikipedia)

Penjelasan yang paling banyak diterima adalah bahwa Oswald membunuh JFK sendiri dan Ruby membunuh Oswald, atas kemauannya sendiri. Motivasi Ruby yang dinyatakan untuk menghindarkan Jacqueline Kennedy "penggagalan (Oswald) kembali ke pengadilan."

Namun demikian, masih ada sejumlah besar sejarawan profesional, bersama dengan banyak kritikus sejarah, yang tidak setuju dengan penjelasan ini.

Dan sejak kematian JFK, banyak penjelasan alternatif telah diajukan oleh sejarawan mengingat bahwa bukti baru yang signifikan tidak mungkin muncul, konsensus yang kuat mungkin tidak akan pernah tercapai. Maka masih menjadi misteri apa yang menjadi penyebab JFK dibunuh dan dalang dibalik pembunuhan itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Abul Muamar
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US