The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Burung Punya Aturan Batas Kecepatan Terbang di Udara, Meski Tanpa Lalu Lintas
Ilustrasi burung terbang. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

Burung Punya Aturan Batas Kecepatan Terbang di Udara, Meski Tanpa Lalu Lintas

Minggu, 10 April 2022 09:23 WIB 10 April 2022, 09:23 WIB

INDOZONE.ID - Jika kita memperhatikan burung, tentu pernahkah kamu berpikir jika mereka akan saling tabrak? Mungkin hal ini sempat terpikirkan oleh beberapa orang. Namun mereka menjawabnya sendiri dengan mengatakan bahwa langit itu luas sehingga tak bisa membuat mereka saling tabrak.

Padahal jawaban tersebut kuranglah tepat. Jawaban sebenarnya ialah bahwa burung juga memiliki aturan untuk batas kecepatan terbang di udara. Wah, kok bisa?

Baca Juga: Lahir dengan Warna Abu-abu, Mengapa Flamingo Bisa Berubah Warna ke Merah Muda?

Dikutip Science Alert, meski populasi burung tak memiliki aturan lalu lintas, namun mereka memiliki aturan batas kecepatan terbang mereka di udara. Hal ini sering diamati oleh peneliti tentang alasan banyak burung di Eropa lihai menghindari mobil yang melaju di jalanan raya dengan tahu kapan harus lepas landas.

Dalam sebuah jurnal Biology Letters, para ilmuwan menguji apakah burung-burung Eropa mengubah arah dan jarak terbang agar dapat menghindari kendaraan yang melaju.

Jawabannya, ditemukan beberapa burung terbang lebih awal setelah melihat mobil melewati tempat mereka bertengger atau berdiri. Burung-burung ini dengan cepat akan terbang tanpa memperhatikan ke mana, di mana dan seberapa cepat mobil-mobil yang baru saja melewatinya.

Daniel Blumstein, ahli biologi dari Universitas California di Los Angeles juga menemukan bagaiamana perilaku unik burung ini. Burung terbang lebih awal daripada kendaraan yang melewatinya bukan karena takut tertabrak, justru untuk menghindari kekuatan angin yang dihasilkan kendaraan saat melaju.

Bayangkan, jika seekor burung sedang mencari makan di pinggir jalan, dan tidak sengaja sebuah truk besar melaju melewatinya.  Maka, bisa saja burung tersebut terpental atau terlempar karena pusaran angin yang dihasilkan dari kecepatan dan laju truk tersebut.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli
Editor
JOIN US
JOIN US