The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Berjalan Lambat di Darat, Penguin Ternyata Hewan Perenang yang Handal
Penguin. (photo/Pexels/Pixabay/ilustrasi)
Fakta Dan Mitos

Berjalan Lambat di Darat, Penguin Ternyata Hewan Perenang yang Handal

Sabtu, 04 Desember 2021 16:34 WIB 04 Desember 2021, 16:34 WIB

INDOZONE.ID - Meski Penguin berjalan dengan lamat, namun hewan yang satu ini dikenal sebagai perenang yang handal loh!

Saat berjalan di darat bersama kelompoknya, penguin memang terlihal lambat, namun di dalam air mereka bisa begitu cepat.

Contohnya, penguin Adélie yang bisa berenang sekitar 4-8 kilometer/jam. Sedangkan penguin Kaisar bisa berenang hingga 6-9 kilometer/jam.

Jika sedang berburu atau pun melarikan diri dari pemangsa atau musu, penguin mampu berenang dengan kecepatan mencapai hingga 15 kilometer/jam loh.

Bahkan penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.  Diketahui, di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin.

 Penguin berenang. (photo/Shuxuan Cao)
Penguin berenang. (photo/Shuxuan Cao)

Baca juga: Stafsus Angkie Sebut Negara Belum Sepenuhnya Ramah pada Penyandang Disabilitas

Sebenarnya bukan tanpa alasan penguin berjalan lambat, Peneliti dari Alfred Wegener Institute menjelaskan, cara berjalan penguin seperti itu merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga suhu tubuh penguin.

Saat kondisi suhu yang ekstrem pada musim dingin di Antartika penguin akan membuat kerumunan dalam jumlah besar atau kelompok kecil, untuk mempermudah pengaturan suhu tubuh.

Peneliti asal Jerman mengungkapkan bahwa penguin disaat  berada dalam kerumunan atau berkelompok, rata-rata hanya bergerak sebanyak dua centimeter untuk bergerak maju.

Bahkan tak heran, jika melihat penguin yang membuat kelompok dengan jumlah yang banyak, sebab suhu Antartika pada bulan Desember bisa mencapai -50 derajat Celcius.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US