The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penemuan Tengkorak Kuno oleh Peneliti Mengungkapkan Proses Pembedahan 2.300 Tahun Lalu!
Penemuan tengkorak kuno oleh peneliti. (photo/Dok. Histecho)
Fakta Dan Mitos

Penemuan Tengkorak Kuno oleh Peneliti Mengungkapkan Proses Pembedahan 2.300 Tahun Lalu!

Kamis, 25 November 2021 16:50 WIB 25 November 2021, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat banyak sekali penemuan barang bersejarah yang berhasil ditemukan oleh peneliti. Terbarunya adalah penemuan dua tengkorak kuno. Ilmuwan dilaporkan telah temukan bukti prosedur pembedahan berusia 2.300 tahun pada dua tengkorak kuno. 

Tengkorak kuno tersebut ditemukan pada Pegunungan Altai di Siberia dan dimiliki suku nomaden Pazyryk dan tunjukkan tanda-tanda pemulihan yang jelas setelah operasi otak. Tengkorak itu pun menunjukkan bukti pemulihan yang jelas usai menjalani proses yang disebut trepanasi. 

Hanya saja, masih terdapat banyak orang yang tidak mengetahui apa itu trepanasi. Sekadar informasi, trepanasi sendiri adalah prosedur medis kuno yang berisiko dan libatkan pengeboran tengkorak kepala atau pembedahan yang menggores tengkorak manusia. 

Prosedur medis ini dipakai untuk meredakan pembengkakan otak, dan sejarawan juga mempercayai bahwa teknik ini dipakai mengobati masalah dengan menggunakan sistem saraf. Pada tengkorak pertama, yang dimiliki seorang pria berusia 40 hingga 45 tahun, telah tunjukkan tanda-tanda menderita trauma pada kepala. 

Ilmuwan mempercayai bahwa saat masih hidup, pria itu mengalami hematoma subdural, suatu kondisi di mana darah terbentuk antara tengkorak dan permukaan otak. Sementara untuk tengkorak laki-laki kedua, dilaporkan mempunyai deformasi herediter, berhasil diperbaiki dengan mengebor lubang ke tengkorak.

Di sisi lain, para arkeolog dari Institut Arkeologi dan Etnografi Cabang Siberia dan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, mempercayai bahwa suku dari Pazyryk yang mungkinkan mempunyai pengetahuan tentang Hippocrates Corpus, satu set teks medis Yunani kuno yang berkaitan dengan dokter Hippocrates.

Mereka mengklaim hasil dari operasi kuno pada dua tengkorak ini sangatlah menakjubkan, mengingat risiko yang terkait dengan operasi itu. Para ilmuwan kini dilaporkan telah menciptakan model komputer dari dua tengkorak, bersama dengan tengkorak ketiga yang ditemukan dari seorang wanita yang prosedurnya tidaklah berhasil. 

“Ini mungkin terkait dengan ritual di mana manusia mencapai kondisi kesadaran yang berubah yang diperlukan untuk kegiatan keagamaan dan magis,” ungkap mereka dalam sebuah pernyataan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US