The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pantangan Menyapu Rumah saat Imlek, Benarkah Bisa Mengusir Rezeki?
Ilustrasi menyapu (Pexels/Ron Lach)
Fakta Dan Mitos

Pantangan Menyapu Rumah saat Imlek, Benarkah Bisa Mengusir Rezeki?

Kamis, 27 Januari 2022 09:44 WIB 27 Januari 2022, 09:44 WIB

INDOZONE.ID - Tak lama lagi, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek. Pada perayaan tahun baru itu, ada beberapa tradisi yang dilakukan. Mulai dari beribadah, berkumpul bersama keluarga, hingga melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan adat istiadat Tionghoa.

Selain tradisi, masyarakat Tionghoa juga memiliki beberapa pantangan saat merayakan Imlek. Pantangan-pantangan itu biasanya selalu dikaitkan dengan rezeki di tahun yang baru.

Salah satu pantangan yang hingga kini masih terus dipedomani adalah menyapu rumah saat Imlek. Membersihkan rumah saat di hari Imlek dianggap bisa mengusir rezeki atau menyapu kekayaan. Benarkah demikian?

tahun baru imlek
Ilustrasi perayaan Imlek (Pexels/Rodnae)

Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa kegiatan menyapu rumah di tahun baru sama saja akan membuang rezeki keberuntungan dan kemakmuran dalam setahun yang akan datang.

Oleh karena itu, masyarakat Tionghoa akan membersihkan rumah sebelum perayaan Imlek. Biasanya, alat-alat pembersih seperti penyapu, pengepel dan lain sebagainya akan disembunyikan sebelum malam tahun baru Imlek.

Saat di hari Imlek, masyarakat Tionghoa juga mendapat pantangan untuk tidak membuang sampah. Sebab membuang sampah di hari Imlek sama saja membuang keberuntungan untuk setahun ke depan.

hari raya imlek
Ilustrasi perayaan Imlek (Pexels/Angela Roma)

Jadi biasanya, sampah-sampah di rumah dari sisa-sisa perayaan Imlek akan dikumpulkan di satu tempat. Kemudian disarankan untuk membersihkan rumah satu hari setelah Imlek, namun sampahnya tetap tidak boleh keluar melalui pintu depan rumah.

Masyarakat Tionghoa meyakini jika membuang sampah melalui pintu depan rumah setelah perayaan Imlek, maka akan ada kesialan yang akan datang, misalnya salah satu anggota keluarga meninggal dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US