The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alasan Kalau Hujan Jangan Berlindung di Bawah Pohon, Nanti Kesambar Petir!
Ilustrasi petir menyambar pohon. (freepik)
Fakta Dan Mitos

Alasan Kalau Hujan Jangan Berlindung di Bawah Pohon, Nanti Kesambar Petir!

Kok bisa?

Sabtu, 22 Januari 2022 18:05 WIB 22 Januari 2022, 18:05 WIB

INDOZONE.ID - Saat hujan melanda dan kamu sedang di luar rumah, biasanya dimanakah kamu akan berlindung? Apakah kamu pernah memilih pohon sebagai tempat perlindunganmu agar tidak basah?

Mulai besok tampaknya kamu harus mengubah kebiasaan tersebut lantaran membahayakan diri kamu. Pasalnya berteduh di bawah pohon mampu membuat kamu tersambar petir.

Ungkapan ini tampaknya bukan lagi hal yang asing di telinga kita. Berlindung di bawah pohon saat hujan, disebut-sebut mampu memicu petir lantaran pohon menghantarkan listrik.

Bahaya berteduh di bawah pohon
Hujan membasahi pepohonan. (freepik)

Dilansir Science Alert, pohon memang rawan tersambar petir. Hal ini karena dalam kondisi basah, pohon dapat mengantarkan arus listrik. Sehingga puncak pohon yang disambar petir berpotensi menjalar ke bagian akar dan mengenai tubuh manusia yang kendatinya mengandung aliran listrik dari ion.

Selain itu, air hujan juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu mengantarkan arus listrik. Tak heran mengapa anggapan mandi hujan juga dikait-kaitkan dengan insiden tersambar petir yang kendatinya memang terbentuk dari aliran listrik di atas awan.

Namun, meski begitu National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan bahwa peluang seseorang tersambar petir hanya  1 : 10,5 juta orang.

Meski terlihat rendah, setiap orang tetap lah harus selalu waspada. NOAA menjelaskan selama tahun 2006 – 2016, kasus kematian karena tersambar petir mencapai 350 orang, dan 165 dari angka tersebut tersambar petir di wilayah terbuka. Adapun angka sisanya terjadi di kapal, perairan, dan tempat-tempat yang tidak diketahui.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US