The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Temukan Cetakan Segel Tertua di Israel, Berusia 7.000 Tahun
Cetakabn segel tertua yang berhasil ditemukan di Israel. (photo/Dok. Live Sciences)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Temukan Cetakan Segel Tertua di Israel, Berusia 7.000 Tahun

Jumat, 11 Juni 2021 14:49 WIB 11 Juni 2021, 14:49 WIB

INDOZONE.ID - Para arkeolog baru-baru ini menemukan cetakan segel tertua di Israel, sebuah alat yang menempelkan pola pada bahan lunak seperti tanah liat atau lilin untuk menyegel suatu objek. Cetakan tanah liat kecil ini berasal dari 7.000 tahun yang lalu dan kemungkinan digunakan untuk menyegel dan menandatangani pengiriman, serta untuk menjaga gudang tetap tertutup. 

Tim peneliti menemukan segel itu, bersama dengan hampir 150 lainnya, selama penggalian yang berlangsung antara 2004 dan 2007 di Tel Tsaf, sebuah desa prasejarah di Lembah Beit She'an Israel. Tetapi sementara sebagian besar segel leinnya hanyalah potongan tanah liat tanpa jejak, salah satunya mempunyai kesan dengan 2 bentuk geometris yang berbeda.

Setelah melakukan analisis menyeluruh, para arkeolog identifikasi objek ini sebagai cetakan segel tertua yang dketahui di wilayah itu, menurut sebuah pernyataan. Sebelum penemuan ini, anjing laut tua yang berusia 8.500 tahun telah ditemukan di wilayah itu, tapi tidak dengan cetakan segel. 

"Bahkan hari ini, jenis penyegelan serupa digunakan untuk mencegah gangguan dan pencurian," penulis senior Yosef Garfinkel, seorang profesor di Universitas Ibrani Yerusalem, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Ternyata ini sudah digunakan 7.000 tahun yang lalu oleh pemilik tanah dan administrator lokal untuk melindungi properti mereka," kata Garfinkel, yang bersama dua muridnya saat itu memimpin penggalian.

Segel kuno yang ditemukan dalam kondisi sangat baik karena iklim kering di daerah itu, lebarnya kurang dari 0,4 inci dan miliki 2 cap berbeda di atasnya. Dua pola stempel yang berbeda telah menunjukkan bahwa segel itu mungkin telah digunakan dalam aktivitas komersial yang melibatkan dua orang dalam transaksi itu, menurut pernyataan itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US