The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Fakta yang Harus Kamu Ketahui Asal Mula Kata 'Uang' dan 'Duit' di Indonesia
Ilustrasi uang (stockvault)
Fakta Dan Mitos

Ini Fakta yang Harus Kamu Ketahui Asal Mula Kata 'Uang' dan 'Duit' di Indonesia

Minggu, 24 Januari 2021 08:53 WIB 24 Januari 2021, 08:53 WIB

INDOZONE.ID - Uang merupakan alat pembayaran untuk jual beli, beberapa orang ada yang menyebut uang dengan kata 'duit'.

Meski kata duit sudah tidak asing lagi ditelinga kita, tentu kita semua penasaran dong dari mana sih asal kata duit itu!

Sebelumnya kita juga akan bahan dari mana kata uang berasal. Terdapat beberapa versi asal kata uang. Ada yang bilang uang berasal dari kata 'wang' yang artinya pembayaran yang terbuat dari emas.

Zaman dulu emas digunakan untuk membayar barang-barang yang mahal. Sementara barang-barang yang murah di bayar dengan perak dan yang lebih murah lagi dibayar dengan tembaga, besi atau kuningan.

Ada juga yang mengatakan uang berasal dari nama asli keuangan di Tiongkok yaitu Wang An Shi. Uang emas Tiongkok pada zaman itu pernah masuk ke Indonesia dan menjadi alat pembayaran yang sah.

Tapi ada juga yang bilang kata uang berasal dari kata 'daluwang' yang berarti kertas yang dibuat dari kulit pohon.

Sementara asal kata 'duit' berasal dari kata 'duit' atau 'doit' yaitu sebutan untuk uang koin kuno Eropa yang dibuat pada abad ke-14. Di Eropa duit salah satu uang koin yang terbuat dari perak dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Duit sendiri satuan mata uang terkecil di Belanda, sementara yang terbesar disebut gulden. Pada saat itu, 1 gulden sama dengan 160 diut.

Pada tahun 1726, duit masuk ke Indonesia karena penjajahan Belanda. Nah, karena sering menerima uang duit, sehingga masyarakat Indonesia sering mendengar kata 'duit'.

Tapi sebenarnya kata 'uang' dan 'duit' hanya beda di penggunaan kata saja. Duit merupakan kata informal sementara uang kata formal. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US