Mitos-mitos Seputar Pernikahan Yang Bikin Gagal Nikah
Ilustrasi/Pixabay
Fakta Dan Mitos

Mitos-mitos Seputar Pernikahan Yang Bikin Gagal Nikah

Jumat, 16 Agustus 2019 13:53 WIB 16 Agustus 2019, 13:53 WIB

INDOZONE.ID - Menikah dan hidup bahagia adalah impian setiap orang. Sayangnya tak semua pasangan bisa merasakan hal seperti ini. Ada saja hal-hal yang membuat sebuah hubungan kandas di tengah jalan. Hal ini bisa terjadi karena restu orang tua atau karena sebuah kepercayaan-kepercayaan yang masih dipegang teguh oleh keluarga.

Kalau sudah berkaitan dengan tradisi tentu akan membuat sebuah hubungan sulit dipertahankan. Nah, apa saja sih mitos-mitos seputar pernikahan yang bisa menyebabkan gagal nikah.

1. Weton jodoh

kalender Jawa
wiki pintar

Belakangan ini jagat Twitter dihebohkan dengan kandasnya sebuah hubungan asmara karena weton. Weton adalah ramalan hari lahir berdasarkan kalender jawa. Dari perhitungan weton inilah pasangan akan dilihat cocok atau tidaknya.

2. Menikah di bulan syuro

pernikahan
Ilustrasi/Pixabay

Bulan syuro atau muharram dipercaya sebagai bulan keramat sehingga dilarang melangsungkan pernikahan di bulan ini. Jika dilanggar, maka kehidupan rumah tangga akan membawa petaka.

3. Siji karo telu

pernikahan sijilu
Ilustrasi/Pexels

Maksudnya ialah anak pertama dan anak ketiga dilarang untuk menikah karena akan membuat kehidupan rumah tangga penuh dengan cobaan. Ini juga didukung oleh karakter yang berbeda antara anak pertama dengan anak ketiga.

4. Posisi rumah

rumah
Ilustrasi/Pixabay

Di beberapa masyarakat Jawa, posisi rumah menjadi penentu dalam pernikahan. Jika rumah sang wanita menghadap utara maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu kehidupan rumah tangga yang tidak harmonis.

5. Menikah di tahun yang sama

pernikahan
Ilustrasi/Unsplash

Menurut kepercayaan orang Jawa, kakak beradik dalam sebuah keluarga tidak boleh melangsungkan pernikahan di tahun yang sama. Salah satu pasangan harus bisa mengalah untuk menikah di tahun berikutnya.

TAG
Putri
Putri
Putri

Putri

Editor
Putri

Putri

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU