The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Studi Terbaru Ungkap Ada 2,5 Miliar T-Rex yang Pernah Hidup di Bumi
Ilustrasi T-Rex (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Hasil Studi Terbaru Ungkap Ada 2,5 Miliar T-Rex yang Pernah Hidup di Bumi

Minggu, 18 April 2021 11:49 WIB 18 April 2021, 11:49 WIB

INDOZONE.ID - Tyrannosaurus rex atau T-rex merupakan salah satu dinosaurus yang hidup di bumi puluhan juta yang lalu. Studi baru mengungkap bahwa populasi T-Rex kala itu ternyata sangat besar.

Penelitian mengatakan selama periode Zaman Kapur., ada 2,5 miliar T-rex di muka Bumi. Hasil ini didapatkan setelah peneliti untuk pertama kalinya menghitung jumlah populasi T-Rex dalam jangka waktu 2,4 juta tahun.

Dilansir Reuters, dinosaurus predator ini banyak menghuni bagian barat Amerika Utara sebelum akhirnya punah 66 juta tahun yang lalu.

Selama rentang waktu tersebut, ada 2,5 miliar T-Rex yang menghuni Bumi, dengan 20 ribu T-Rex dewasa yang hidup dalam satu waktu.

Jumlah total generasinya sebanyak 127 ribu, namun margin kesalahan penelitian ini sangat tinggi.

Ahli paleontologi Charles Marshall, pemimpin studi tersebut mengatakan bahwa T-Rex adalah spesies dinosaurus yang ikonik.

"Jika (hanya) ada 2,5 juta T-rex, bukan 2,5 miliar, kita mungkin tidak akan pernah tahu mereka ada," ujar Marshall.

Dalam studi yang telah diterbitkan di jurnal Science tersebut, T-Rex dewasa diperkirakan memiliki berat 5,2 ton, dengan rata-rata usia 28 tahun dan menghuni daerah sekitar 2,3 juta km2.

"Kami memperkirakan bahwa kelimpahannya pada suatu waktu adalah 20.000 individu, bahwa ia bertahan selama 127.000 generasi, dan bahwa jumlah total T. rex yang pernah hidup adalah 2,5 miliar individu, dengan laju pemulihan fosil 1 per 80 juta individu atau 1 per 16.000 individu di mana fosilnya paling melimpah," kata para peneliti.

Jumlah 2,5 miliar tersebut tentu sangat banyak. Memang tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan populasi manusia sekarang ini, dan 20 ribu T-Rex dewasa hanyalah seukuran kota kecil.

Namun, jika melihat ukuran tubuhnya, tentu butuh area yang luas bagi 2,5 miliar T-Rex untuk hidup. Studi ini memperkirakan ada seekor T-Rex di tiap area seluas 100 km persegi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US