The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Cuma Film, Thor Merupakan Salah Satu dari Dewa Hebat dalam Mitologi Nordik
Ilustrasi Thor dan dewa-dewa dalam mitologi Nordik. (Wardezig)
Fakta Dan Mitos

Bukan Cuma Film, Thor Merupakan Salah Satu dari Dewa Hebat dalam Mitologi Nordik

Thor dalam mitologi.

Senin, 11 Oktober 2021 16:09 WIB 11 Oktober 2021, 16:09 WIB

INDOZONE.ID - Mitologi Nordik merupakan kepercayaan masyarakat Eropa Utara sebelum adanya kedatangan agama Kristen. Kepercayaan dan legenda ini menyebar ke negara-negara Eropa Utara lainnya, termasuk Islandia yang memiliki sumber-sumber mitologi tersebut.

Dalam mitologi ini berisi kisah-kisah tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos lainnya yang ditulis berbentuk puisi atau prosa dan terangkum dalam Edda.

Baca Juga: Peristiwa Dunia 8 Oktober: Hangusnya Kota Chicago Akibat Ulah Sapi Peternakan

Seperti yang kita ketahui dalam sekuel Marvel akan film solonya "Thor" merupakan salah penggambaran mitologi Nordik ini. Dalam film tersebut dikenal beberapa nama dewa yang memiliki kekuatan dan juga kemampuan para dewa dalam mendamaikan dunia dan menguasai alam semesta bernama Asgard.

1. Odin

Odin adalah penguasa alam dan pemimpin Asgard walaupun pada akhirnya ia gugur dalam pertempuran maha dahsyat yang disebut Ragnarok.

Odin sendiri adalah putra dari Raksasa Bor dan Bestla yang bertempat di Asgard didalam aula megah, Valaskialf yang beratapkan perak murni. Di sini terdapat tahta yang disebut Hlidskialf, dimana ia bisa melihat seluruh dunia.

Dewa-dewa dalam Mitologi Nordik
Odin penguasa Asgard. (Wazeigard)

Kekuatan Odin terletak pada senjatanya yakni tombak maha sakti bernama Gungnir dan cincin yang ia kenakan bernama Draupner yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti.

Tidak hanya itu Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri, dua gagak, Huginn dan Muninn, yang bertugas membawa berita dari seluruh penjuru dunia untuk dirinya.

2. Lodur

Lodur adalah saudara Kandung Odin yang dikenal dengan nama lain Ve. Pada Mitologi Norse dikisahkan Lodur bersama dengan dua saudaranya yang lain yaitu Odin dan Hoenir pernah membunuh raksasa Ymir dan setelah itu mereka bersama-sama menciptakan dunia.

3. Thor

Thor adalah sang dewa petir yang merupakan putra kandung dari Odin hasil perkawinan dengan raksasa wanita yang bernama Jörd, Fjörgyn atau disebut pula Hlódyn (Dewi Bumi).

Thor mempunyai wilayah kekuasaan yang cukup luas bernama Thrudvangar dengan 540 bangunan aula. Thor mempunyai aula megah tempat dimana ia tinggal yang disebut dengan Bilskirnir.

Dewa-dewa dalam Mitologi Nordik
Thor dalam mitologi Nordik. (Weizgard)

Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing Tanngniost dan Tanngrisnir. Senjata sakti dimiliki Thor ialah senjata khusus berupa palu yang diberi nama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti .

Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh-musunya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga mempunyai rompi bernama Megingjarpar, yang membuat ia menjadi tidak terlihat.

Dalam mitologi Nordik, musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.

4. Loki

Loki memiliki gelar dewa api, yang merupakan anak dari raksasa Fárbautia dan Laufey atau Nal. Loki dikisahkan memiliki saudara yakni Byleist dan Helblindi.

Ia menikah dengan Sigyn dan memiliki anak bernama Narfi (Narvi) dan Vali. Melalui raksasa Angerboda, Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent, dan Fenrir, si serigala raksasa.

Dewa-dewa dalam Mitologi Nordik
Penggamabaran Loki si dewa api. (greenscene.co.id)

Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard.


Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Ia suka membantu para dewa Asgard untuk menciptakan perdamaian. Namun tingkahnya kerap menimbulkan kesulitan untuk dewa-dewa lainnya.

Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Asgard yang sangat penting. Namun mengetahui hal itu, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandingan para dewa baik.

Ia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigga untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder  menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua.

Hingga saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa Asgard.

5. Frigga

Dewa-dewa dalam Mitologi Nordik
Frigga istri Odin. (Weizgard)

Frigga merupakan istri dari Odin, ia memiliki kemampuan meramal yang kuat. Ia bergelar ratu Asgard, pemimpin para dewi, dewi kasih sayang, dewi kesuburan, dewi rumah tangga, dewi perkawinan, dan dewi langit.

Dalam beberapa cerita ia digambarkan dapat meramalkan masa depan manusia dan dewa, meskipun ia tidak mampu mengubah takdir mereka. Anak-anaknya bernama: Balder, Hodhr, dan Wecta. Anak-anak tirinya bernama: Hermodhr, Heimdall, Tyr, Vidar, Vali, Skjoldr. Thor adalah saudaranya sekaligus anak tirinya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US