The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Kalimat Khas Ibu yang Disebut Cuma Mitos tapi Selalu Kamu Percaya
Ilustrasi ibu dan anak. (Freepik/Pressphoto)
Fakta Dan Mitos

5 Kalimat Khas Ibu yang Disebut Cuma Mitos tapi Selalu Kamu Percaya

Duduk di depan pintu bikin susah jodoh.

Sabtu, 14 Mei 2022 17:02 WIB 14 Mei 2022, 17:02 WIB

INDOZONE.ID - Ibu adalah orang yang paling handal mengelabui anaknya agar menuruti kata-katanya. Tak cukup hanya nasihat biasa, ibu sering membuat pernyataan-pernyataan yang bikin kamu jadi patuh.

Meskipun begitu, tujuannya adalah agar kamu menjadi lebih baik. Walaupun terkesan tidak masuk akal, entah mengapa kita bisa dengan mudah menuruti kata-katanya.

Sering diucapkan ibu saat kita masih kecil, berikut 5 kalimat khas ibu yang disebut cuma mitos tapi kamu selalu percaya:

1. Jangan duduk di depan pintu, nanti jodohnya susah

Kalimat ini sering dikatakan oleh orangtua mana saja. Hampir semua di antara kita pasti pernah ditegur saat duduk di depan pintu karena terlalu asyik bercerita.

Adapun kalimat familiar yang sering kita dengar ketika duduk di depan pintu dan menghalangi jalan yaitu "jangan duduk di depan pintu, nanti jodohnya susah." Sampai saat ini masih banyak orangtua yang menggunakan kalimat tersebut.

Baca juga: Fakta atau Mitos: Benarkah Jamur Bisa Berbicara Satu Sama Lain Seperti Bahasa Manusia?

2. Jangan makan sambil tidur, nanti jadi ular

Waktu kecil kamu mungkin pernah mengemil sambil tidur-tiduran di depan televisi. Kemudian ibumu akan menasihatimu dengan mengatakan "jangan makan sambil tidur, nanti jadi ular."

Tak ayal kamu pun langsung bangkit karena takut benar-benar menjadi ular karena makan sambil tidur.

3. Jangan makan berserakan, kalau nasinya terinjak bisa jadi kutil!

Waktu kecil kita semua pasti pernah makan blepotan. Nah, di saat itulah ibu akan menegurmu dengan mengatakan "jangan berserakan nasinya, nanti jadi kutil kalau terinjak."

Dan kamu pun percaya-percaya saja dengan peringatan ibumu karena bentuk kutil mirip dengan sebutir nasi. Sekarang mungkin kamu baru menyadari bahwa makna dari kalimat itu adalah agar kamu makan dengan tertib.

4. Nasinya bakal nangis kalau nggak dihabisin

Waktu kecil mungkin kamu sangat sering nggak habis saat makan nasi. Saat itulah ibumu akan berkata "habisin tuh nasinya, kalau nggak habis nanti nasinya nangis."

Padahal itu sebenarnya adalah trik ibumu agar kamu tak membiasakan buang-buang nasi saat makan. Namun, kalimat ini tampaknya sudah jarang dipakai para ibu agar anaknya tidak menyisakan nasi.

5. Jajan di pinggir jalan bikin sakit

Maksud mengingatkan untuk tidak jajan di pinggir ini agar kamu tidak jajan sembarangan. Tak masalah jajan di pinggir jalan, asal kamu bisa mengontrolnya.

Saking perhatiannya ibu dengan kesehatan anaknya, dia akan lebih sering bikin camilan supaya kamu nggak kebanyakan jajan di pinggir jalan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US