The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keberadaan Ninja Wanita 'Kunoichi' Dalam Sejarah Jepang
Ninja wanita Kunoichi. (wallup.net)
Fakta Dan Mitos

Keberadaan Ninja Wanita 'Kunoichi' Dalam Sejarah Jepang

Kamis, 06 Agustus 2020 12:00 WIB 06 Agustus 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Dalam anime, komik, film ataupun game sering kali kita menemui sosok ninja wanita dengan gambaran mereka yang lincah, seksi dan pastinya punya kemampuan bertarung yang tak kalah dengan ninja laki-laki. 

Ninja atau yang biasa disebut shinobi terkenal dengan karakteristik mereka yang mampu memanipulasi chakra atau sumber energi untuk membuat dan menggunakan teknik mereka. 

Ninja Wanita Dalam Sejarah

Dalam sejarah Jepang ternyata sosok ninja memang disebutkan melalui sebuah buku ninja Bansenshukai yang ditulis diakhir abad ke 17 Masehi pada masa Edo.

Dalam Bansensyukai, Ninja wanita disebut "Kunoich i". Dalam bahasa Jepang, "Kunoichi" berarti "sembilan ditambah satu". 

Menurut catatan sejarah, Kunoichi tidak bertempur dan tidak melakukan spionase yang mencolok. Peran utama mereka adalah menjadi pelayan musuh mereka. 

Saat mereka menyerbu tempat tinggal musuh-musuh mereka, Kunoichi mengambil informasi rahasia dari percakapan biasa dengan pelayan-pelayan lainnya. Karena secara umum, orang tidak begitu berhati-hati terhadap wanita. Kunoichi pun memanfaatkan hal tersebut dan mengadopsi taktik seperti itu.

Pada prinsipnya, pekerjaan Kunoichi adalah dukungan bagi para ninja laki-laki, Kunoichis terkadang bertindak secara indipenden. 

Kunoichi bahkan dapat tidur dengan musuh mereka dan mencoba membuka rahasia di momen tersebut. 

Konon gadis-gadis cantik di usia yang sangat remaja dipilih untuk dididik menjadi Kunoichi. Sehingga mereka dapat dikirim untuk mengendalikan musuh-musuh dengan cara membuat mereka terobsesi dengan para wanita cantik yang sebenarnya adalah Kunoichi. 

Namun ada pula Kunoichi yang dipilih dari anggota keluarga ninja yang dilatih untuk peran yang lebih spesifik. Mereka juga diatur untuk tidak jatuh cinta pada target atau kehilangan tujuannya. 

Masa Ninja Berakhir

Keberadaan Ninja sendiri tetap aktif sampai Zaman Edo (1600-1868), setelah itu hampir semua ninja jatuh ke dalam keadaan yang menyedihkan. 

Beberapa dari mereka hampir tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang paling bawah sekalipun, sementara yang lain tidak bisa apa-apa selain penjahat atau pengemis. Sedangkan Kunoichi diperkirakan banyak dari mereka yang menjadi pelacur dan Geisha

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US