The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Menarik Orangutan, Punya Lengan Panjang hingga Penyuka Buah Durian
Kiri: ilustrasi orangutan. (Unsplash) / kanan: pengunjung ditarik orangutan. (Instagram/@ipin_chill)
Fakta Dan Mitos

Fakta Menarik Orangutan, Punya Lengan Panjang hingga Penyuka Buah Durian

Selasa, 07 Juni 2022 13:40 WIB 07 Juni 2022, 13:40 WIB

INDOZONE.ID - Sebelumnya, viral sebuah video yang memperlihatkan momen seorang pengunjung pria yang terlihat sangat panik karena mendadak ditarik orangutan yang berada di dalam kandang.

Pada awalnya, pria tersebut sempat mengulurkan tangan ke arah orangutan tersebut.
Namun, orangutan tersebut justru menarik bajunya dengan sangat kuat, alhasil ia pun kesulitan melepaskan diri dan menghindar.

Tak cukup menarik baju, orangutan tersebut juga menarik kaki pria itu dengan kedua tangannya. Panik kakinya ditarik oleh orangutan, pria itu pun berteriak meminta pertolongan kepada teman-teman dan orang sekitarnya.

Hingga akhirnya, setelah berbagai upaya dilakukan, pria tersebut akhirnya berhasil lepas dari orangutan tersebut. Banyak yang menganggap bahwa itu adalah hal yang lucu, namun tak sedikit pula yang menilai bahwa momen tersebut sebenarnya sangat berbahaya.

Bisa jadi agresif, berikut fakta-fakta menarik orangutan yang jarang diketahui orang:

1. Orangutan memiliki lengan yang panjang

Dikutip dari Wwf. org.uk, orangutan memiliki lengan sekitar 2,2 meter. Mengingat ketinggian berdiri mereka sekitar 1,5 meter, ini adalah jangkauan yang cukup mengesankan.

Lengan mereka sangat panjang, bahkan satu setengah kali lebih panjang dari kaki mereka dan meregang ke pergelangan kaki mereka ketika berdiri.

2. Terkadang mereka makan dengan kaki

Orangutan sangat cekatan dan menggunakan kedua tangan dan kakinya saat mengumpulkan makanan. Sama seperti manusia, orangutan memiliki empat jari dan ibu jari serta kuku.

Kaki mereka terlihat hampir sama persis dengan tangan mereka dan dirancang untuk memanjat dan bisa menggenggam dengan gesit. Terkadang, mereka akan makan dengan menggunakan kaki bila tangan mereka 'sibuk'.

3. Mempelajari semua hal dari induknya

Orangutan mempelajari semua hal dari ibu atau induknya. Seperti yang diketahui, orangutan muda tinggal bersama induknya sampai mereka mencapai usia sekitar 7 tahun.

Mereka menghabiskan waktu tersebut untuk mempelajari segalanya dari ibu mereka, termasuk makanan yang enak untuk dimakan. Karena kurva belajar yang panjang tersebut, orangutan hanya memiliki anak sekali setiap 7 sampai 9 tahun.

4. Durian jadi buah favorit orangutan

Orangutan memakan buah-buahan seperti mangga, leci hingga buah ara. Mereka juga memakan daun muda, bunga, serangga dan mamalia kecil. Namun, 60 persen makanan orangutan adalah buah. Jika langka, mereka akan memakan tanah dan kulit pohon.

Durian menjadi buha favorit orangutan karena baunya yang menyengat dan dianggap menggugah selera orangutan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US