The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Cuma Pintar, Lumba-lumba Juga Sangat Hebat dalam Merawat dan Melindungi Diri
Lumba-lumba. (Pexels/Coral Grandbois)
Fakta Dan Mitos

Bukan Cuma Pintar, Lumba-lumba Juga Sangat Hebat dalam Merawat dan Melindungi Diri

Minggu, 26 September 2021 10:15 WIB 26 September 2021, 10:15 WIB

INDOZONE.ID - Jika ditanyakan mengenai hewan laut yang memiliki kecerdasan, tentu lumba-lumba menjadi jawaban yang banyak diajukan oleh semua orang. Hal ini lantaran dalam beberapa pertunjukan, lumba-lumba kerap menampilkan aksi yang mengagumkan.

Namun rupanya, lumba-lumba tak hanya mampu membuat kagum masyarakat lewat aksi pertunjukan. Faktanya, masih banyak hal lain yang membuat masyarakat jadi kagum dengan hewan ini. Wah, apa saja ya?

1. Mampu hidup tanpa tidur berhari-hari

Seperti halnya manusia, hewan pun juga memerlukan tidur. Yang menariknya, lumba-lumba ternyata bisa menjalani hidup tanpa harus tidur.

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang berarti lumba-lumba bernapas dengan paru-paru. Oleh karena itulah, meskipun lumba-lumba hidup di air, lumba-lumba harus naik ke permukaan laut secara berkala untuk menghirup udara.

Baca Juga: Tak Seperti Antartika, Benua Arktik Kehilangan Es Lebih Rendah dalam 15 Tahun Terakhir

Jika lumba-lumba sampai tertidur pulas layaknya manusia, maka mereka bisa mati akibat tenggelam dan kehabisan napas. Kalaupun lumba-lumba menemukan cara untuk tidur tanpa kehabisan napas, lumba-lumba yang sedang terlelap beresiko diserang oleh hewan pemangsanya.

2. Bisa menang jika melawan ikan hiu

Hiu putih besar merupakan hewan yang amat ditakuti oleh penghuni lautan manapun. Ukurannya yang besar dan perilaku makannya yang ganas menjadi penyebab mengapa ikan raksasa ini memiliki reputasi yang menakutkan.

Namun hal tersebut tidak lantas membuat lumba-lumba menjadi hewan yang tidak berdaya di hadapan hiu. Jika diserang oleh hiu, lumba-lumba bisa melawan balik secara gigih.

Jika ada hiu yang menampakkan diri, maka lumba-lumba akan langsung mengeroyok hiu tersebut dengan cara menabrakkan moncongnya ke arah hiu. Saat menyerang hiu, lumba-lumba akan mengincar bagian perut dan insang hiu. Karena diserang secara bertubi-tubi hingga terluka, hiu pun akhirnya akan menyerah dan kemudian mundur.

3. Bisa sembuh dengan waktu yang singkat

Lumba-lumba diketahui memiliki kemampuan menyembuhkan diri yang amat cepat saat terluka. Kemampuan lumba-lumba tersebut bakal membuat siapapun merasa kagum. Sebagai gambaran, jika seekor lumba-lumba memiliki luka sebesar bola basket, maka luka tersebut bakal menutup dalam kurun waktu 2 minggu.

Kehebatan regenerasi lumba-lumba belum berhenti sampai di sana. Saat luka lumba-lumba sudah sembuh kembali, lukanya akan menutup tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Berbeda dengan manusia di mana meskipun lukanya sudah sembuh, bekas lukanya bisa tetap tidak hilang hingga bertahun-tahun kemudian.

TAG
Dina
Abdul Fattah
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US