The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Hanya Gunung Semeru, 3 Gunung Berapi di Indonesia Ini Memiliki Status Siaga Meletus
Ilustrasi Gunung Semeru sebelum meletus. (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Tak Hanya Gunung Semeru, 3 Gunung Berapi di Indonesia Ini Memiliki Status Siaga Meletus

Selasa, 07 Desember 2021 12:45 WIB 07 Desember 2021, 12:45 WIB

INDOZONE.ID - Peristiwa meletusnya Gunung Semeru menjadi bencana alam yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia menjelang akhir tahun. Sabtu (4/12/2021) Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur menjadi kawasan yang mendapatkan dampak lelehan erupsi Gunung Semeru.

Sebelum terjadi erupsi, Gunung Semeru memang dinyatakan dalam kondisi siaga lantaran sudah terjadi gejala-gejala akan meletusnya gunung tersebut. Namun, selain Gunung Semeru terdapat pula gunung-gunung berapi lainnya di Indonesia yang saat ini sedang berstatus siaga akan meletus.

Hal ini menjadi sikap masyarakat kaki gunung akan selalu bergegas apabila terjadi bencana alam tersebut. Sehingga mampu mengurangi dampak kerugian yang ditimbulkan. Berikut ini 3 gunung berapi yang memiliki status siaga di Indonesia selain Semeru.

Baca Juga: Desa Terparah Akibat Letusan Gunung Semeru, Ini Foto-fotonya

1. Gunung Sinabung

Gunung berapi yang berstatus siaga
Gunung Sinabung. (Wikipedia)

Dalam 10 tahun belakangan, gunung yang terletak di Sumatera Utara ini memang aktif menyemburkan lahar panasnya ke permukaan. Tahun 2021, Gunung Sinabung dinyatakan tengah berstatus siaga akan meletus kembali.

Hal ini membuat pemerintah setempat membuat aturan kepada warga sekitar untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar area kaki gunung. Bahkan beberapa desa telah diungsikan dari lokasi Gunung Sinabung untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

2. Gunung Merapi

Gunung berapi yang berstatus siaga
Gunung Merapi. (Bencanapedia)

Seakan tak berkesudahan, Gunung Merapi kini kembali berstatus siaga dengan pembatasan aktivitas masyarakat di tiga hingga lima kilometer dari sekitar gunung berapi.

Usai meletus dan menyebabkan ratusan orang meninggal pada tahun 2010 lalu termasuk Mbah Maridjan, kini status aktif dan perlu diwas-was oleh masyarakat sekitar adalah tahun 2021 ini.

3. Gunung Lli Lewotolok

Gunung berapi yang berstatus siaga
Gunung Lli Lewolotok. (Wisato.id)

Selain dua gunung yang terletak di Pulau Sumatera dan Jawa tersebut, rupanya untuk kawasan Indonesia Timur juga memiliki gunung berapi aktif yang kini berstatus siaga.

Gunung Lli Lewotok yang terletak di Nusa Tenggara Timur juga memiliki status siaga. Dikutip dari laman Pemkab Lembata, masyarakat diimbau untuk meninggalkan lokasi kaki gunung untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan sejak Februari 2021 lalu.

Hal ini lantaran Gunung Ili Lewotolok kembali mengalami erupsi dan kawahnya mengeluarkan asap putih dengan tinggi kolom 800 meter menurut pos pengamatan gunung api setempat.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US