The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alasan Susunan Huruf di Keyboard Tidak Sesuai Abjad Alias Acak
Ilustrasi keyboard. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

Alasan Susunan Huruf di Keyboard Tidak Sesuai Abjad Alias Acak

Rabu, 05 Mei 2021 10:27 WIB 05 Mei 2021, 10:27 WIB

INDOZONE.ID - Jika diperhatikan, susunan huruf di papan ketik (keyboard) komputer, laptop atau smartphone tidak sesuai abjad alias dibuat acak.

Kenapa begitu, ya?

Dihimpun dari berbagai sumber, keyboard pertama kali dibuat dalam bentuk mesin ketik oleh Christopher Latham Sholes dengan bentuk sangat sederhana masih memakai tungkai.

Kala itu, huruf-huruf pada mesin ketik ciptaan Christopher masih sesuai abjad ABCD sehingga proses mengetik menjadi lebih cepat dan mudah.

Akan tetapi, karena terlalu cepat ditekan, tangkai pada mesin ketik tersebut seringkali macet lantaran antar tungkai saling berhimpitan.

Melihat hal itu, Christopher berpikir bahwa ada yang perlu diubah dari mesin ketikya tersebut.

Alhasil, di tahun 1873, seorang ilmuwan yang bernama E. Remington mempunyai ide untuk mengacak susunan huruf-huruf keyboard seperti yang ada sekarang ini, yakni dimulai dengan susunan QWERTY.

Susunan huruf demikian dibuat agar memperlambat seseorang dalam mengetik sehingga meminimalisir kerusakan mesin ketik.

Pada dasarnya, mengetik dengan cepat menggunakan abjad ABCD pada mesin komputer atau laptop sebenarnya tidak menjadi masalah. 

Pasalnya, komputer atau laptop tidak mempunyai tungkai seperti mesin ketik.

Namun, karena keyboard QWERTY sudah digunakan sejak lama sebelum komputer dan laptop ada, sehingga dirasa tidak perlu diubah lagi menjadi keyboard ABCD.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US