The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Temukan Bayi Hiu Hantu di Selandia Baru, Penampakannya Mirip Alien
Bayi hiu hantu yang ditemukan di Selandia Baru (Dok. Brit Finucci via Live Science)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Temukan Bayi Hiu Hantu di Selandia Baru, Penampakannya Mirip Alien

Jumat, 18 Februari 2022 15:48 WIB 18 Februari 2022, 15:48 WIB

INDOZONE.ID - Para peneliti di Institut Nasional Penelitian Air dan Atmosfer (NIWA) menemukan ghost shark atau hiu hantu yang sangat langka di dekat Pulau Selatan, Selandia Baru belum lama ini.

Dilansir Live Sciene, bayi hiu dengan penampakan yang tembus pandang seperti agar-agar yang dimahkotai sepasang mata hitam raksasa di kepalanya yang runcing itu sekilas mirip sosok alien.

Peneliti memperkirakan bayi hiu hantu itu merupakan salah satu dari 50 spesies hiu hantu yang tercatat yang hidup di perairan dalam di seluruh dunia.

Bernama Chimaera, meski satwa tersebut tidak dapat dipastikan sebagai spesies hiu, namun dia sangat berkaitan erat dengan hiu dan pari yang semuanya adalah ikan dengan kerangka yang terbuat dari tulang rawan, bukan tulang keras.

penemuan bayi hiu hantu
Bayi hiu hantu mirip alien (Dok. Brit Finucci via Live Science)

Bayi hiu hantu tersebut terjaring dalam pukat saat peneliti NIWA hendak melakukan penelitian terhadap populasi ikan lokal di perairan dengan kedalaman 1.200 meter atau 4.000 kaki.

Menurut peneliti NIWA, embrio hiu hantu berkembang dalam kapsul telur yang diletakkan di dasar laut. Di sana, embrio yang terbungkus memakan kuning telur sampai saatnya menetas.

Mengingat ukurannya yang kecil dan habitat yang sangat dalam, keberadaan bayi hiu hantu itu tentu saja sangat langka, kata para peneliti.

"Anda dapat mengatakan bahwa hiu hantu ini baru saja menetas karena perutnya penuh dengan kuning telur," kata Brit Finucci, seorang ilmuwan perikanan NIWA, dalam sebuah pernyataan.

"Cukup mencengangkan. Kebanyakan hiu hantu air dalam dikenal sebagai spesimen dewasa; neonatus jarang dilaporkan, jadi kita hanya tahu sedikit tentang mereka."

Para peneliti berencana untuk menjalankan tes genetik pada bayi hiu hantu untuk mencoba mencari tahu dari spesies hiu hantu mana ia berasal.

Para ilmuwan kemudian dapat membandingkan neonatus dengan orang dewasa dari spesies yang sama, untuk lebih memahami bagaimana warna, ukuran, dan kebiasaan makan ikan berubah antara masa bayi dan dewasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US