Ketos, Monster Laut Menyeramkan Milik Dewa Laut Poseidon
Ilustrasi ketos. (Flickr/Carole Raddato)
Fakta Dan Mitos

Ketos, Monster Laut Menyeramkan Milik Dewa Laut Poseidon

Ketos Ethiopia dan Ketos Troya adalah yang paling dikenal

Rabu, 29 Januari 2020 18:05 WIB 29 Januari 2020, 18:05 WIB

INDOZONE.ID - Ketos merupakan makhluk mitologi Yunani yang hidup di lautan di bawah kekuasaan Dewa Laut Poseidon. Meskipun Ketos berwujud monster laut menyeramkan dan bergigi tajam, monster ini merupakan tunggangan bagi Nereid, sebutan untuk putri-putri Poseidon.

Terdapat dua Ketos yang terkenal dalam mitologi Yunani karena pernah berhadapan dengan pahlawan legendaris. Ketos Ethiopia dibunuh oleh Perseus, sedangkan Ketos Troya dibunuh oleh Herakles yang merupakan keturunan dari Perseus.

Poseidon mengutus Ketos Ethiopia untuk memakan Andromeda sebagai pengorbanan karena ibu Andromeda, yaitu ratu Kassiopia pernah menyombongkan bahwa Andromeda lebih cantik daripada para Nereid.

Kemudian Andromeda pun dirantai pada batu karang di lautan. Saat itu Perseus lewat dan heran melihat ada patung yang dirantai di batu karang. Ketika mendekat ternyata yang ia lihat bukanlah patung melainkan Andromeda. Setelah bertanya apa yang terjadi pada Andromeda, Perseus pun membebaskannya dari belenggu.

Tak lama kemudian Ketos yang dikirim oleh Poseidon tiba. Namun, Perseus segera mengeluarkan kepala Medusa sang Gorgon yang sebelumnya sudah ia bunuh, dan mengubah Ketos menjadi batu lalu menghancurkannya. Kelak Perseus menikahi Andromeda.

Sedangkan Ketos Troya diperintahkan Poseidon ke Troya untuk meneror kota tersebut. Sebab Raja Troya, Laomedon tidak menepati janji setelah Poseidon dan Apollo membantu Laomedon membangun dinding kokoh Troya.

Laomedon pun mengetahui bahwa putrinya yang bernama Hesione harus dikorbankan kepada Ketos guna meredakan amarah Poseidon. Seperti Andromeda yang terdahulu, Hesione pun dirantai di batu karang sebagai pengorbanan untuk Ketos. Namun untungnya sebelum Ketos memakan Hesione, Herakles terlebih dahulu tiba dan menyelamatkan Hesione. Ketos berhasil dibunuh dengan menggunakan panah oleh Herakles.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU