The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berpikir Membakar Banyak Kalori, Ini Penjelasannya!
Ilustrasi para pemain catur yang sedang berpikir. (photo/Ilustrasi/Pexels/JESHOOTS.com)
Fakta Dan Mitos

Berpikir Membakar Banyak Kalori, Ini Penjelasannya!

Jumat, 22 Januari 2021 16:04 WIB 22 Januari 2021, 16:04 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu asumsi atau ungkapan yang beredar adalah mengenai berpikir dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Namun, benarkah asumsi tersebut?

Hal tersebut pernah terjadi kepada seorang pemain elit catur di Rusia, Anatoly Karpov. Dimana, Anatoly sendiri mengalami penurun berat badan hingga 10 kilogram. Dikarenakan, dengan hal tersebut, perlombaan pernah dibatalkan dikarenakan kekhawatiran penyelenggara kompetisi dengan kondisi tubuh Anatoly sendiri. 

Permainan catur dikabarkan dapat membakar 6.000 kalori dalam satu hari pertandingan meskipun para kompetitor hanya duduk dan bermain catur. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa otak adalah merupakan salah satu organ yang mengonsumsi telah banyak energi.

Dimana, jika tubuh dalam keadaan diam, dimana tubuh tidak melakukan aktivitas apapun selain bernapas, mencerna, dan mengontrol suhu tubuh. Otak hanya menghabiskan 20 persen hingga dengan 25 persen dari keseluruhan energi tubuh, terutama dalam zat kandungan glukosa. 

Jika dihitung, otak dapat menghabiskan kalori rata-rata sebesar 350 atau 450 kalori per hari untuk wanita atau pria. Dimana, penggunaan kalori ini lebih besar jika dibandingkan dengan masa kanak-kanak. 

Selain hal tersebut, otak tidak pernah beristirahat. Ketika tidur pun, orak masih membutuhkan bahan bakar guna memberikan sinyal antar sel yang berfungsi untuk menjaga tubuh kita. 

Karena otak adalah merupakan organ dengan pemakaian energi terbesar, dapat disimpulkan bahwa secara keseringan dengan memakai organ ini maka semakin banyak juga energi yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas yang sedang dilakukan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US