The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Temukan Fenomena Terbaru Mengenai Mimpi
Ilustrasi mimpi. (photo/Ilustrasi/Pexels/Karyme Fran├ža)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Temukan Fenomena Terbaru Mengenai Mimpi

Selasa, 23 Februari 2021 15:34 WIB 23 Februari 2021, 15:34 WIB

INDOZONE.ID - Sekelompok ilmuwan telah mengidentifikasi fenomena baru yang mereka deskripsikan sebagai 'mimpi interaktif'. Dalam fenomena ini, orang yang mengalami tidur nyenyak dan mimpi sadar (lucid dream) dapat mengikuti instruksi, menjawab pertanyaan sederhana ya-atau-tidak, dan bahkan bisa memecahkan persoalan matematika dasar. 

Mimpi sadar atau lucid dream sendiri adalah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Selain menambahkan tingkat pemahaman baru tentang apa yang terjadi pada otak kita saat sedang bermimpi, studi baru ini pada akhirnya juga dapat mengajari kita bagaimana latih mimpi kita untuk membantu kita mencapai tujuan tertentu. 

Terdapat banyak hal terkait psikologi tidur yang masih menjadi sebuah misteri hingga saat ini, termasuk fase rapid eye movement (REM) ketika mimpi biasanya terjadi. Jadi, mampu mendapatkan tanggapan dari orang yang sedang tidur secara realtime, daripada menunggu respons setelah orang itu bangun, tentunya bisa sangat berguna. Melihat hal itu, psikolog Ken Paller dari Northwestern University memberikan komentarnya.

"Kami menemukan bahwa individu dalam fase tidur REM dapat berinteraksi dengan pelaku eksperimen dan terlibat dalam komunikasi real time," ungkap Ken Paller melansir Science Alert. 

"Kami juga menunjukkan bahwa pemimpi mampu memahami pertanyaan, terlibat dalam operasi memori kerja, dan menghasilkan jawaban.” lanjutnya. 

Selama fase tidur terdalam, seperti yang dipantau dari instrumen EEG, para ilmuwan berinteraksi dengan para peserta penelitian ini melalui audio yang berbicara, lampu berkedip, dan sentuhan fisik. Para peserta yang sedang tidur ini bahkan diminta menjawab pertanyaan matematika sederhana, menghitung kilatan cahaya atau sentuhan fisik, dan menjawab pertanyaan dasar ya atau tidak.

Jawaban duberikan melalui gerakan mata atau gerakan otot wajah yang telah disepakati sebelumnya. KHasilnya, setidaknya terdapat seorang respons jawaban yang benar untuk sebuah pertanyaan di 47 persen dari total 57 sesi tidur di mana para peserta mengaku mengalami luci dream atau mimpi sadar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US