The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Belatung dan Perannya yang Membantu Identifikasi Mayat
Ilustrasi belatung. (whyy.org)
Fakta Dan Mitos

Belatung dan Perannya yang Membantu Identifikasi Mayat

Selasa, 28 April 2020 20:00 WIB 28 April 2020, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Dalam ilmu forensik ada yang disebut dengan entomologi forensik yang merupakan gabungan dari dua bidang ilmu. 

Entomologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang serangga sementara forensik ilmu pengetahuan yang digunakan dalam proses penegakan keadilan atau masalah kriminal. 

Metode identifikasi mayat untuk memprediksi waktu kematian dapat dilakukan dengan bantuan serangga. 

Sebab kematian, penyebab kematian, tempat pembuangan mayat, hingga waktu sejak kematian dapat diketahui dengan metode ini. 

Bagaimana serangga berguna dalam melakukan forensik? 

Cara yang paling umum adalah dengan menentukan umur larva lalat atau yang dikenal dengan belatung yang terdapat pada mayat. 

Secara umum, siklus hidup lalat yaitu telur, larva, pupa lalu menjadi lalat maka akan membantu perkiraan waktu kematian. 

Periode sejak saat lalat bertelur hingga mengalami perkembangan tertentu pada mayat akan membantu memperkirakan lama waktu kematian. 

Jika mayat tak diketahui identitasnya maka saluran cerna belatung dapat diperiksa dan dilakukan tes DNA untuk diidentifikasi. 

Jenis belatung di tubuh mayat dan jenis belatung di lokasi penemuan mayat juga dapat membantu menemukan apakah keduanya cocok. 

Meski begitu bermanfaatnya larva lalat dalam ilmu entomologi forensik namun masih ada serangga lain yang bisa diandalkan seperti semut, kecoa, atau serangga lainnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US