The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Miliki Bulu Terindah, Kuda Akhal-Teke Juga Punya Banyak Nama
Kuda Akhal-Teke. (Petworlds)
Fakta Dan Mitos

Miliki Bulu Terindah, Kuda Akhal-Teke Juga Punya Banyak Nama

Ras langka.

Rabu, 26 Februari 2020 21:06 WIB 26 Februari 2020, 21:06 WIB

INDOZONE.ID - Akhal-Teke merupakan ras kuda langka asal Turkmenistan yang terkenal karena dapat dikategorikan sebagai salah satu kuda terbaik di dunia. Akhal-Teke sangat dikenal karena kualitas bulunya yang sangat lembut namun memiliki kilauan indah layaknya besi yang mengkilat. Jadi tak jarang jika Akhal-Teke disebut sebagai kuda emas.

Jika kita telusuri jauh ke belakang, diketahui bahwa Akhal-Teke ternyata sudah dikenal semenjak minimal 3.000 tahun yang lalu. Salah satu ahli sejarah bangsa Romawi kuno yang bernama Oppian, dan bahkan hingga Herodotus sekalipun ternyata pernah mencatat keberadaan kuda ini meskipun pada masa itu Akhal-Teke dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti Parthian, Nisaean, ataupun nama lainnya.

Namun, hal yang tidak berubah adalah sejak dahulu kala Akhal-Teke sudah terkenal sebagai ras kuda unggulan jika dinilai dari segi ketahanan, kecepatan, kekuatan, dan juga keindahannya.

Selain memiliki bulu yang indah, Akhal-Teke juga kerap kali dijadikan sebagai kuda pacu di Turkmenistan. Habitat hidup yang tidak ramah, sulit mencari sumber air, dan udara yang panas di Turkmenistan, membuat kuda ini seolah diciptakan seutuhnya demi ketahanan dan kekuatannya.

Miliki Bulu Terindah, Kuda Akhal-Teke Juga Punya Banyak Nama
Ilustrasi kuda Akhal-Teke. (Thehorse)

Tercatat pada tahun 1935, sekelompok penunggang kuda asal Turkmenistan pernah melalukan perjalanan sejauh lebih dari 4.000 km selama 84 hari menunggangi Akhal-Teke. Hebatnya lagi, Akhal-Teke sempat menghabiskan 3 hari perjalanan melintasi gurun pasir dan berhasil dilalui tanpa diberi air untuk minum.

Karena keunggulan yang dimiliki, Akhal-Teke diketahui sebagai salah satu dari tiga indukan ras kuda Thoroughbred. Ras kuda tersebut merupakan jenis kuda asal Inggris yang terkenal dengan kekuatan dan kecepatannya. Thoroughbred biasanya dikembangbiakkan untuk dijadikan sebagai kuda pacu.

Karena begitu banyak keunggulannya, Akhal-Teke menjadi kuda kebanggaan penduduk Turkmenistan. Sehingga kuda-kuda tersebut dirawat dan dipelihara dengan sangat baik, bahkan tak jarang ada yang mempercantik Akhal-Teke milik mereka dengan berbagai aksesoris mahal yang terbuat dari emas dan batu perhiasan lainnya.

Akhal-Teke masuk ke dalam daftar hewan dilindungi karena ras kuda ini tergolong jenis kuda yang langka sebab jumlahnya yang sedikit. Jadi, sangat jarang ditemukan kasus eksploitasi dan penyiksaan terhadap jenis kuda cantik nan gagah ini.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US