The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penelitian Mengatakan bahwa Beruang Kutub akan Punah pada Tahun 2100
Beruang kutub. (photo/Ilustrasi/Pexels/Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Penelitian Mengatakan bahwa Beruang Kutub akan Punah pada Tahun 2100

Selasa, 19 Oktober 2021 14:02 WIB 19 Oktober 2021, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Beruang kutub (Ursus maritimus) merupakan salah satu hewan yang berada di wilayah Arktik. Namun berdasarkan hasil studi terbaru dari mamalia yang satu ini, beruang kutub diprediksi dapat punah pada 2100 mendatang, karena perubahan iklim yang menyebabkan pencairan es di daerah itu. 

Mengutip Live Science, lautan es Arktik sendiri teruslah mencair sejak 1979. Area es terakhir atau dikenal dengan Last Ice Area yang menjadi wilayah dengan es tertua pada awalnya diperkirakan dapat bertahan untuk beberapa dekade. 

Tetapi dengan kehadiran perubahan iklim, lautan es dilaporkan akan menipis secara dramatis pada 2050. Sementara dalam skenario terburuknya, emisi dilaporkan akan terus berlanjut pada tingkat kenaikannya saat ini, es dan beruang kutub hingga anjing laut yang hidup di atasnya dilaporkan akan menghilang di 2100 mendatang. Melihat hal itu, peneliti senior Robert Newton memberikan komentarnya. 

“Jika es yang tidak pernah mencair akhirnya mencair, seluruh ekosistem yang bergantung pada es akan runtuh dan sesuatu yang baru akan dimulai,” ungkapnya, melansir Live Science. 

Pusat Data Salju dan Es Nasional juga melaporkan bahwa jumlah es di Kutub Utara yang bertahan setidaknya satu musim pencairan perada pada rekor terendah, sekitar seperempat dari total yang dicatatkan di survei satelit pertama pada 40 tahun yang lalu. 

“Anjing laut bercincin (Pusa hispida) dan beruang kutub misalnya, mengandalkan sarang mereka di permukaan es laut yang bergerigi dan bergelombang untuk tinggal,” tulis para peneliti.

Pergeseran habitat ini pun dilaporkan dapat menyebabkan beruang kutub punah atau terjadinya perkawinan silang dengan beruang grizzly yang lebih luas. Studi ini pun telah diluncurkan di dalam jurnal Earth's Future dengan judul Defining the “Ice Shed” of the Arctic Ocean’s Last Ice Area and Its Future Evolution.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US