The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata, Micin Dapat Menyuburkan Tanaman, Kok Bisa?
Micin. (photo/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Ternyata, Micin Dapat Menyuburkan Tanaman, Kok Bisa?

Senin, 02 Agustus 2021 13:58 WIB 02 Agustus 2021, 13:58 WIB

INDOZONE.ID - Penyedap rasa atau biasa disebut sebagai micin tidak hanya dipakai sebagai bahan masak dapur. Di dunia bercocok tanam, micin atau monosodium glutamat ini juga bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. 

Mungkin ada yang menganggap bahwa menabu micin ke tanaman adalah tindakan yang aneh. Padahal, micin sendiri mengandung zat yang dibutuhkan seperti tanaman. Mengutip laman resmi dari Kementerian Pertanian pada 2 September 2019, salah satu unsur yang menopang tubuh kembang tanaman adalah zat kalium. 

Kalium sendiri bermanfaat meningkatkan ketahanan tanaman pada penyakit, mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis, serta metabolisme tanaman. Pada situs tanam.co.id, berikut ini sejumlah manfaat micin untuk kesuburan tanaman:

1. Mempermudah pembungaan

Pertama yaitu mempermudah pembungaan. Tumbuhan yang cepat berbunga, maka dia akan segera berikan hasil. Pemanfaatan micin akan lebih efektif jika diterapkan pada tipe sayur atau tanaman hias, misalkan cabai atau bunga-bungaan. 

2. Meningkatkan kandungan air

Micin sendiri mengandung natrium untuk cegah terbentuknya resistensi air atau menjaga tanaman dari kekurangan air. Dengan kandungan air yang tetap terjaga, maka tumbuhan mudah meresap unsur hara secara optimal dan membantu pertumbuhan tanaman. 

3. Pupuk yang ramah lingkungan

Kandungan MSG dalam micin dikenal untuk kesehatan tubuh, tetapi hal ini berbanding terbalik pada tumbuhabn. Micin yang mengandung senyawa karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan natrium yang diperlukan oleh tanaman. Nitrogen sendiri berguna memicu perkembangan daun, ranting, dan percabangan tanaman.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US