The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menara Saidah, Bangunan Mewah Ala Romawi yang Kini Tak Berpenghuni
photo/picbear.org/Aal_Januarizal
Fakta Dan Mitos

Menara Saidah, Bangunan Mewah Ala Romawi yang Kini Tak Berpenghuni

Sabtu, 05 Oktober 2019 14:00 WIB 05 Oktober 2019, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Menara Saidah adalah nama sebuah gedung yang berfungsi sebagai pusat perkantoran dan terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Indonesia. Gedung ini diresmikan pada tahun 2001 namun enam tahun kemudian telah menjadi bangunan kosong tak berpenghuni. 

Sebelumnya nama gedung ini adalah Gedung Grancindo dan didirikan lama sebelum kemudian direnovasi besar besaran termasuk menambah lantai yang awalnya 15 menjadi 28 lantai dan  menjadi Menara Saidah.

Nama yang diberikan pada gedung ini diambil dari nama pemiliknya, Saidah Abu Bakar Ibrahim. 

Dulunya gedung ini digunakan secara komersil menjadi bangunan perkantoran, acara pernikahan atau untuk acara - acara pertemuan yang formal sekalipun.

Salah satunya adalah Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia yang berkantor di lantai 18. Desain khas gedung ini dibuat dengan patung - patung bernuansa Romawi dengan sentuhan Las Vegas dibagian interiornya. 

Banyak pendapat dan kontroversi terhadap penutupan gedung ini, beberapa pihak mengatakan pondasi gedung yang tak berdiri tegak yang dianggap membahayakan penghuni gedung serat konstruksi bangunan sejak awal ternyata telah dianggap bermasalah adalah salah satu penyebabnya.

Penyebab lain yang menarik adalah banyaknya cerita horor di tengah masyarakat seputar penghuni menara ini. 

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Reka

Writer
Indozone Media

Reka Kumara

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US