The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dewi Febris, Dewi Pembawa dan Penyembuh Malaria dalam Mitologi Romawi
Ilustrasi patung dewi Febris. (gnosticwarrior.co)
Fakta Dan Mitos

Dewi Febris, Dewi Pembawa dan Penyembuh Malaria dalam Mitologi Romawi

Senin, 14 Desember 2020 08:46 WIB 14 Desember 2020, 08:46 WIB

INDOZONE.ID - Dalam mitologi Romawi Kuno ada seorang dewi bernama Febris yang dikenal membawa dan mampu menghilangkan penyakit terutama demam dan malaria

Kata febris sendiri telah menjadi asal kata 'fever' dalam bahasa Inggris yang berarti demam. 

Selain itu Dewi Febris juga terkenal di Italia Kuno terutama di daerah rawa karena penyakit ini ditularkan oleh nyamuk

Gejala klasik malaria termasuk periode demam, yang berlangsung dari empat sampai enam jam, yang datang dalam siklus setiap dua sampai tiga hari, tergantung pada jenis parasit tertentu. 

Ini akan menjadi gabungan peristiwa serangan demam yang dianggap aneh, karena sesuatu yang datang dan pergi. Sehingga mendukung keyakinan adanya hubungan Febris dengan penyakit spesifik tersebut.

Baca Juga: Fakta! Nyamuk Mengingat Aroma Tubuh Manusia yang Dihisapnya

Memberi dewi Febris persembahan oleh para pemujanya adalah salah satu tindakan dengan harapan penyakit mematikan itu bisa disembuhkan. 

Malaria adalah ancaman serius bagi Roma dan rakyatnya. Malaria sangat mematikan bagi wanita hamil dan anak-anak yang masih sangat kecil, dan diketahui menyebabkan bayi lahir mati dan keguguran. Hal ini menjelaskan mengapa dewi Febris memiliki tiga kuil di Roma. 

Di kuil ini ia diberi persembahan atau jimat yang disebut remedia yang telah dipakai oleh mereka yang sakit tetapi telah sembuh.

Kuil utama Dewi Febris berada di Bukit Palatine. Sementara yang lain berada di Bukit Quirinal dan Sacra Via, jalan tertua di Roma. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Reka
Reka

Reka

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US