The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Kejahatan yang Pernah Dilakukan dengan Menggunakan Drone, Waspadalah!
Ilustrasi drone. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

5 Kejahatan yang Pernah Dilakukan dengan Menggunakan Drone, Waspadalah!

Berdasakan pengalaman

Jumat, 21 Januari 2022 09:53 WIB 21 Januari 2022, 09:53 WIB

INDOZONE.ID - Drone merupakan alat yang membantu dalam melakukan pekerjaan di ketinggian yang tak terjangkau manusia. Biasanya drone digunakan untuk mengambil video atau gambar dari ketinggian agar terlihat seluruh landscape alam.

Namun, semakin kemari penggunaan drone juga banyak dimanfaatkan untuk pekerjaan lain. Misalnya menyelamatkan hewan yang tersangkut di pohon bahkan tindak kejahatan.

Tak disangka memang, namun kejahatan masa kini tampaknya semakin gila dengan memanfaatkan drone sebagai alat untuk mempermudah melancarkan aksi kejahatan. Berikut ini 5 tindak kejatahan yang pernah dilakukan dengan menggunakan drone.

1. Mengintip

Suatu hari pada tahun 2017, John Henson, seorang pria asal Utah, Amerika Serikat baru saja selesai mandi dan hendak bersiap-siap untuk pergi bekerja. Namun ia harus dikejutkan dengan suara aneh yang berasal dari luar jendela kamar mandinya.

Baca Juga: Kacamata Berlian Ini Disebut Bisa 'Menangkal Kejahatan', Dilelang Seharga Rp50 Miliar

Ternyata ia melihat ada drone yang melayang tepat di luar jendela kamar mandinya dengan dipasangi sebuah kamera. Saat kepergok oleh John, drone tersebut langsung pergi jauh namun dapat dikejar oleh John dan dilaporkan ke polisi.

Saat diperiksa, drone tersebut memiliki kamera yang di dalamnya terdapat gambar-gambar vulgar termasuk John yang sedang mandi. Drone tersebut ternyata digunakan untuk mengintip dan mengambil gambar orang-orang yang sedang berada di dalam rumah tanpa izin.

2. Penyelundup narkoba

Kemajuan teknologi menyebabkan para pengedar narkoba turut beradaptasi supaya bisa menyelundupkan narkoba tanpa ketahuan. Drone menjadi salah satu metode yang dipilih untuk menyelundupkan narkoba ke dalam kompleks penjara yang notabene memiliki pengamanan berlapis dan dilindungi tembok tebal.

Di negara bagian Ohio, Amerika Serikat, drone sempat digunakan untuk menyelundupkan narkoba ke dalam kompleks penjara Mansfield. Drone tersebut mengangkut narkoba jenis heroin dan ganja. Setelah berhasil mencapai sasarannya, drone tersebut langsung menjatuhkan paket narkoba ke bawahnya.

3. Mengintip PIN ATM

Berhati-hati lah jika kamu sedang mengambil uang di mesin ATM. Kamu tidak boleh lengah saat memasukkan pin ATM kamu, sebab kejahatan sedang menunggu kamu. Hal ini juga dilakukan dengan drone untuk mengintip pin yang sedang kamu masukkan.

Di Templepatrick, Irlandia Utara, seseorang pernah menerbangkan drone miliknya di dekat mesin ATM supaya bisa melihat nomor PIN yang dimasukkan oleh orang tersebut dari kejauhan.

Tindakan terlarang yang dilakukan oleh drone tersebut pada akhirnya berhasil diketahui oleh orang yang ada di lokasi. Drone tersebut spontan langsung terbang melarikan diri ke arah lain. Namun di tengah perjalanan, drone tersebut bertabrakan dengan taksi dan hancur.

4. Menyerang polisi

Di sebuah kota di Amerika Serikat pada tahun 2017, FBI pada awalnya hendak melakukan operasi pembebasan sandera. Mereka sudah menempatkan sejumlah personilnya di titik-titik tertentu untuk mengawasi perkembang situasi terkini di lapangan.

Saat itulah, personil FBI yang bertugas menjadi pengawas langsung dikeroyok oleh sekawanan drone. Akibatnya, FBI tidak bisa menjalankan misinya karena mereka yang seharusnya bertindak sebagai “mata” malah sibuk melindungi dirinya sendiri dari gangguan drone.

5. Membunuh

Saat kelompok militan ISIS masih aktif di wilayah Irak dan Suriah, kelompok tersebut diketahui sangat giat memanfaatkan aneka macam teknologi terkini untuk membantu perjuangannya.

Drone merupakan contoh dari perangkat canggih yang digunakan oleh ISIS untuk keperluan perang. Saat pasukan Irak berhasil merebut kembali kota Mosul pada tahun 2017, pasukan Irak menemukan sejumlah bangunan yang digunakan oleh ISIS sebagai pabrik drone.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US