The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini 3 Alasan Mengapa Hewan Air Memiliki Ukuran Lebih Besar Ketimbang Hewan Darat!
Penampakan ikan paus. (Pexels)
Fakta Dan Mitos

Ini 3 Alasan Mengapa Hewan Air Memiliki Ukuran Lebih Besar Ketimbang Hewan Darat!

Minggu, 24 April 2022 16:44 WIB 24 April 2022, 16:44 WIB

INDOZONE.ID - Sadar atau tidak, selama ini ternyata kita dikelilingi dengan perbedaan yang paling mencolok antara hewan darat dan hewan laut. Yang mana, hewan di laut memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada hewan darat.

Seperti contoh, tak ada hewan darat yang memiliki besar seukuran ikan paus yang berukuran sekitar 180 metrik atau 180.000 kilogram. Besar sekali bukan?

Baca Juga: Kenapa Ya, Ikan Paus yang Badannya Besar Bisa Sampai Terdampar ke Pinggir Pantai?

Dikutip dari Wildlife, terdapat beberapa alasan mengapa hewan-hewan ini memiliki perbedaan ukuran tubuh. Perbedaan ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi, tingkat dan suhu metabolisme, serta batas atas dari habitat hewan.

1. Gaya gravitasi

Efek gravitasi di darat ternyata jauh lebih besar dibandingkan dengan di dalam air. Tahun 1638, Galileo Galilei menuliskan bahwa efek gravitasi akan membatasi ukuran hewan bisa tumbuh.

Misalnya saja ketika gajah berukuran 10 kali lipat dari ukurannya saat ini, ini artinya berat, panjang, dan tinggi tubuhnya akan menjadi 10 kali lipat lebih besar. Akibatnya, tubuh gajah harus menopang hingga 10 kali lipat berat dari tulang gajah normal dan menjadi tekanan yang sangat besar bagi kaki gajah.

Singkatnya, semakin besar ukuran hewan, maka semakin besar juga efek gravitasi yang didapatkan oleh hewan.

2. Tingkat suhu dan metabolisme

Ukuran tubuh sangat memengaruhi proses metabolisme pada tubuh hewan. Semakin besar tubuh hewan, maka semakin lama proses metabolisme yang terjadi.

Hewan yang hidup di dalam air membutuhkan cukup panas tubuh untuk melawan dinginnya air. Semakin besar tubuh hewan maka semakin banyaknya sel yang juga semakin banyak bagian energi yang terasa panas.

3. Batas atas

Batas atas adalah batas tumbuh tingginya sebuah hewan di darat. Hal ini dipengaruhi oleh makanan yang tersedia di darat. Apabila hewan darat memiliki tinggi yang melebihi pohon paling tinggi, maka akan sulit baginya untuk mendapatkan makan. Sehingga apabila terdapat hewan tersebut ia aka segera mati karena tidak mendapatkan makanan.

Sementara pada hewan air, seperti yang diketahui hingga kini tak ada yang tahu berapa kedalaman perairan di dunia ini paling dalam. Sehingga hal ini membuat para hewan air mampu dapat tumbuh lebih besar dan semakin membesar.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US