The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Misteri Valentine yang Belum Terpecahkan, di Mana Makam Santo Valentinus?
Kerangka Tengkorak Santo Valentinus. (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Misteri Valentine yang Belum Terpecahkan, di Mana Makam Santo Valentinus?

Ngga tau dimana pastinya!

Senin, 14 Februari 2022 14:20 WIB 14 Februari 2022, 14:20 WIB

INDOZONE.ID - Dalam merayakan hari Valentine, yakni peringatan akan kematian Santo Valentinus yang dinobatkan sebagai pahlawan kasih sayang biasanya orang-orang akan saling bertukar hadiah, makan malam dan berkirim pesan romantis.

Namun ternyata di balik kegiatan tersebut, terdapat misteri mengenai Santo Valentinus yang kepalanya harus dipenggal karena membantu pernikahan prajurit Romawi. Tak hanya sampai di sana, rupanya kepala dan bagian tubuh dari pendeta tersebut rupanya disimpan di berbagai tempat di Eropa.

Baca Juga: Valentine Tertua dalam Sejarah Ternyata Ditulis di Penjara, Puisi Abad Pertengahan Prancis

Dikutip Nationalgeographic, orang-orang Italia hingga Irlandia pada tanggal 14 Februari akan mengunjungi gereja-gereja tertentu. Gereja tersebut katanya menyimpan tulang belulang santo pelindung para kekasih.

Dengan banyaknya gereja di kawasan Eropa tersebut, membuat beberapa orang bingung dimana sebenarnya makan Santo Valentinus?

Misteri makam Santo Valentinus
Tengkorak Santo Valentinus. (Wikipedia)

Martir Katolik Santo Valentinus dipenggal pada abad ketiga, dimana diberitakan bahwa sebuah gereja di kawasan Dublin mengambul hati sang martir untuk menjadi simbol hati yang agung dan penuh cinta.

Namun, di sisi lain sebuah gereja di Roma mengkalim bahwa mereka menyimpan beberapa kerangka di dalam kotak emas dan disimpan di biara Glasgow. Sementara di Praha sendiri juga diklaim bahwa gereja Madrid memiliki tulang bahu Santo Valentinus yang menjadi daya tarik peziarah di basilika tersebut.

Sementara kota Terni sendiri, yang merupakan kampung halaman sang Martir katanya menyimpan relikui menarik yang dipercaya masyarakat untuk melakukan ziarah. Jika semua ditotalkan terdapat selusin gereja di Eropa yang memiliki tulang belulan dari santo yang menjadi perhatian dunia ini.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US