The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perang Vietnam: Perang Dingin Dua Kubu Ideologi Besar antara Komunis dan SEATO
Perang Vietnam, perang saudara mengerikan. (Photo/The Atlantic)
Fakta Dan Mitos

Perang Vietnam: Perang Dingin Dua Kubu Ideologi Besar antara Komunis dan SEATO

Jumat, 11 Maret 2022 18:33 WIB 11 Maret 2022, 18:33 WIB

INDOZONE.ID - Perang Vietnam disebut sebagai Perang Indochina Kedua yang merupakan perang antara tahun 1957 dan 1975 di Vietnam.

Perang tersebut menjadi bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yakni Komunis dan SEATO.

Dua kubu yang saling berperang itu adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara).

Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina (yang bantuan militer oleh Taiwan dan Spanyol) bersekutu dengan Vietnam Selatan.

Sedangkan Uni Soviet, Tiongkok, Korea Utara, Mongolia dan Kuba mendukung Vietnam Utara yang berideologi komunis.

Jumlah korban yang meninggal diperkirakan lebih dari 280.000 jiwa di pihak Vietnam Selatan dan lebih dari 1.000.000 jiwa di pihak Vietnam Utara.

Akibat dari perang itu terjadinya eksodus besar-besaran bagi warga Vietnam ke negara lain, terutama Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Barat lainnya.

Hal ini membuat banyak di negara-negara tersebut bisa ditemukannya komunitas Vietnam yang cukup besar karena terpaksa mengungsi dari peperangan.

Setelah berakhirnya perang ini, kedua Vietnam tersebut pun bersatu pada tahun 1976 dan Vietnam menjadi negara komunis. Salah satu korban paling terkenal dari Perang Vietnam ini adalah Kim Phuc.

Kim Phuc adalah subjek foto terkenal dari Perang Vietnam. Foto menunjukkan dirinya berumur 9 tahun tanpa mengenakan pakaian berlarian di tengah jalan setelah terkena luka bakar parah akibat serangan bom napalm Vietnam Selatan.

Kim Phuc adalah warga sebuah desa di Trang Bang, Vietnam. Pada 8 Juni 1972, pesawat Vietnam Selatan menjatuhkan napalm di Trang Bang, yang sedang diduduki oleh pasukan Viet Cong.

Dia bergabung dengan sejumlah warga biasa dan tentara kabur dari biara Cao Dai yang terletak di desanya sepanjang jalan menuju tempat perlindungan. Seorang pilot Vietnam Selatan salah mengira kelompok ini berbahaya dan menyerang mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US