The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 7 Mei: Perjanjian Roem-Roijen Ditandatangani dan Pembunuhan di McDonald Kanada
Perjanjian Roem-Roijen ditandatangani. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 7 Mei: Perjanjian Roem-Roijen Ditandatangani dan Pembunuhan di McDonald Kanada

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Jumat, 07 Mei 2021 05:52 WIB 07 Mei 2021, 05:52 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 7 Mei yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah  yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa perjanjian Roem-Roijen ditandatangani dan pembunuhan brutal di McDonald Syney River, Kanada. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Jumat (7/5/2021).

1. Simfoni No. 9 in D Minor milik Beethoven dimainkan untuk pertama kalinya di Wina (1824).

Beethoven
Beethoven. (Wikipedia).

Simfoni No. 9 dalam tangga nada D minor adalah simfoni terakhir Ludwig van Beethoven, yang selesai digubah pada tahun 1824, dan diperdengarkan pertama kali di Wina pada 7 Mei pada tahun yang sama.

Simfoni sepanjang 75 menit ini berisi bagian dari ode "An die Freude" atau Ode to Joy' karya Friedrich Schiller, sebagai teks yang dinyanyikan para solis dan paduan suara pada gerakan terakhir. Karya ini merupakan contoh pertama dari seorang komponis besar yang menggunakan suara manusia pada tingkat yang sama dengan instrumen-instrumen dalam sebuah simfoni.

Simfoni ini mungkin merupakan karya musik klasik yang paling terkenal, dan dianggap sebagai salah satu mahakarya Beethoven yang terhebat, digubah ketika dia tuli sepenuhnya. Simfoni ini memainkan peranan kebudayaan yang penting dalam lingkungan modern. 

2. Baku tembakan  penjahat Francis Crowley dan 300 anggota Departemen Kepolisian New York yang jadi tontonan publik. (1931).

Francis Crowley
Francis Crowley. (Wikipedia).

Francis "Two Gun" Crowley adalah seorang pembunuh berkebangsaan Amerika. Aksi kejahatannya berlangsung hampir tiga bulan, berakhir dengan baku tembak selama dua jam dengan Departemen Kepolisian Kota New York pada 7 Mei 1931, yang disaksikan oleh 15.000 penonton dan mendapat perhatian nasional. Ia menjadi cikal bakal gangster Irlandia.

Crowley dan polisi baku tembak selama hampir 2 jam, dengan polisi menembakkan sekitar 700 peluru ke dalam gedung. Saat Walsh dan Durringer mengisi ulang pistol Crowley, Crowley melemparkan kembali beberapa granat gas air mata yang dilemparkan polisi ke dalam apartemen melalui lubang di atap. Setelah menderita empat luka tembak dan pendarahan hebat, akhirnya dia menyerah. Petugas yang menangkap menemukan dua pistol diikat ke kakinya

Baca Juga: Buruh Migran Ini Harus Jalani Isolasi Bersama Istri dan Anak Akibat Positif COVID-19

3. Perjanjian Roem-Roijen ditandatangani (1949).

Perjanjian Roem-Roijen ditandatangani. (Wikipedia).
Perjanjian Roem-Roijen ditandatangani. (Wikipedia).

Perjanjian Roem-Roijen (juga disebut Perjanjian Roem-Van Roijen) adalah sebuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan akhirnya ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Namanya diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen. 

Maksud pertemuan ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum Konferensi Meja Bundar di Den Haag pada tahun yang sama. Perjanjian ini sangat alot sehingga memerlukan kehadiran Mohammad Hatta dari pengasingan di Bangka, juga Sri Sultan Hamengkubuwono IX dari Yogyakarta untuk mempertegas sikapnya terhadap Pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta, di mana Sultan Hamengku Buwono IX mengatakan “Jogjakarta is de Republiek Indonesie” (Yogyakarta adalah Republik Indonesia

4.  Tiga karyawan di Restoran McDonald di Sydney, Nova Scotia, Kanada, dibunuh secara brutal dan yang keempat cacat permanen dalam perampokan yang gagal. (1992).

Restoran McDonald di Sydney, Nova Scotia, Kanada,
Restoran McDonald di Sydney, Nova Scotia, Kanada. (Wikipedia).

Pembunuhan brutal ini terjadi pada 7 Mei 1992, di McDonald Sydney River, Nova Scotia , Kanada. Pembunuhan ini dilakukan oleh tiga orang yang awalnya hanya bermaksud untuk merampok restoran. Namun akhirnya membunuh tiga orang dan secara permanen melumpuhkan yang keempat. Insiden tersebut adalah salah satu kasus pembunuhan paling terkenal di Kanada pada saat itu.

Para pelaku membunuh korbannya dengan pistol kaliber .22 , beberapa pisau, dan gagang sekop. Mereka berharap untuk menemukan lebih dari US$ 200.000 di brankas restoran, mereka berhasil hanya dengan US$2.017. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US