The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Fakta Tsunami Aceh 2004 Silam, Dimulai dengan Gempa Bumi 9,3 Skala Ritcher
Suasana Aceh pasca Tsunami. (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

5 Fakta Tsunami Aceh 2004 Silam, Dimulai dengan Gempa Bumi 9,3 Skala Ritcher

Berikut faktanya.

Senin, 27 Desember 2021 15:30 WIB 27 Desember 2021, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Minggu (26/12/2021) menjadi sejarah 17 tahun bencana alam yang menimpa Indonesia tepatnya di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam. Deburan air laut yang tumpah ke daratan mencatatkan jika peristiwa ini menjadi peristiwa terbesar di dunia.

Akibat bencana alam tersebut banyak hal terdampak akibat deburan air laut yang berjuta liter jumlahnya. Hal ini bahkan mengubah hidup masyarakat luas lantaran dampak sosial yang disebabkan oleh tsunami.

Berikut 5 fakta yang terjadi saat tsunami Aceh 2004 yang mengubah kehidupan masyarakat luas.

Baca Juga: Fakta Tsunami Aceh, Benarkah Parahnya Efek Gelombang karena Campur Tangan Manusia?

1. Seluruh bumi bergetar

Gempa berkekuatan 9.3 SR itu bukan hanya mengguncang lokasi yang terdampak tsunami melainkan dirasakan oleh masyarakat dunia di seluruh Bumi. Setidaknya seluruh kawasan bergetar 1 sentimeter dari posisi normalnya.

Sri Lanka misalnya, seismometer broadband global merekam tanah Sri Lanka yang berjarak seribu mil dari pusat gempa mengalami naik turun lebih dari 9 sentimeter.

2. Gempa setara 100 gigaton

Berdasarkan jurnal Science, gempa bumi yang memicu terjadinya tsunami memiliki goncangan yang setara dengan 100 gigaton. Gempa yang berpusat du Samudra Hindia itu menyebabkan retakan besar di dasar laut Bumi yang pernah diamati hampir 800 mil.

3. 15 negara terdampak

Bukan hanya Indonesia dan negara sekitarnya saja yang terkena dampak tsunami, melainkan terdapat 15 negara yang terdampak. Kelima belas negara itu adalah Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand, Somalia, Myanmar, Maladewa, Malaysia, Tanzania, Seychelles, Bangladesh, Afrika Selatan, Yaman, Kenya, dan Madagaskar.

Indonesia menjadi negara yang terdampak paling parah disamping Thailadn, India dan Sri Lanka.

4. Membuka perdamaian Serambi Mekkah

Seperti yang diketahui, sebelum terjadinya tsunami Gerakan Aceh Merdeka (GAM) memiliki konflik tersendiri dengan Pemerintah Indonesia. Akibat bencana tsunami, para anggota GAM terketuk hatinya melihat bagaimana pemerintah membantu menangani bencana alam yang terjadi di Aceh.

5. Memakan korban 230.000 jiwa

PBB merekap hasil perhitungan mereka akan korban jiwa yang ditimbulkan dari peristiwa besar tersebut. PBB menaksir jika korban jiwa akibat tsunami dan gempa bumi berkisar sekitar 200.000 jiwa.

Jumlah ini menjadi jumlah yang fantastis bagi bencana alam yang pernah menimpa seluruh dunia.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US