The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Amblyopia, Penyakit Mata Malas yang Sering Menghantui Anak-anak!
Anak memakai kacamata. (photo/Ilustrasi/Pexels/Andrea Piacquadio)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Amblyopia, Penyakit Mata Malas yang Sering Menghantui Anak-anak!

Kamis, 02 Desember 2021 16:12 WIB 02 Desember 2021, 16:12 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat banyak sekali penyakit yang dapat kamu jumpai di kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah amblyopia. Mungkin banyakan dari kamu belum mengetahui apa itu, Amblyopia.  Amblyopia atau sering disebut juga sebagai mata malas (lazy eye) adalah  gangguan mata yang menyerang anak-anak dengan penurunan ketajaman penglihatan. 

Mengutip situs nei.nih.gov, Amblyopia menyebabkan mata dan otak tidak bisa bekerja sama, dan otak tidak dapat menerima cahaya dari mata yang terganggu. Biasanya, gangguan ini memengaruhi satu mata, akan tetapi terdapat kasus yang menyerang dua mata. 

Seiring berjalannya waktu, otak akan bergantung pada mata normal, sehingga penglihatan mata yang terganggu semakin memburuk. Oleh karena itu, penyakit ini dikenal sebagai mata malas, karena mata yang kuat mempunyai penglihatan yang baik. 

Menurut situs dari jec.co.id, penyebab dari amblyopia antara lain adalah mata juling, kelainan mata yang hambat masuknya cahaya, kelainan refraksi seperti hiperopia dan miopia, hingga perbedaan ukuran refraksi. 

Gejala yang dialami biasanya sulit untuk diidentifikasi. Tetapi, dapat dilihat dari keluhan anak-anak yang kesulitan melihat benda dekat atau jauh. Selain itu, orang tua dapat melihat dengan minta anaknya untuk menyipitkan mata, menutup satu mata dengan telapak tangan, dan memiringkan kepala mereka. 

Bahkan, terdapat banyak orang tua yang mengetahui anaknya alami amblyopia setelah melakukan pemeriksaan ke dokter. Untuk langkah preventif, orang tua dianjurkan melakukan pemeriksaan penglihatan anaknya di antara usia 3-5 tahun minimal sekali. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US