The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Santri Penghafal Al-Quran Tutup Telinga, Riset: Musik Memang Bisa Ganggu Hafalan
Mendengarkan atau tidak mendengarkan musik saat belajar, terutama menghafal (Ilustrasi/Pexels/Twitter/@David_Wijaya03)
Fakta Dan Mitos

Viral Santri Penghafal Al-Quran Tutup Telinga, Riset: Musik Memang Bisa Ganggu Hafalan

Kamis, 16 September 2021 14:54 WIB 16 September 2021, 14:54 WIB

INDOZONE.ID - Video mengenai santri yang menutup telinga saat ada musik di lokasi vaksinasi Covid-19 ramai dibahas. Stafsus Presiden, Diaz Hendropriyono sampai Deddy Corbuzier bahkan sampai ikut nyinyir.

Sementara itu, netizen yang membela mengatakan para santri tersebut merupakan penghafal Al-Quran (hafiz) yang mencoba menjaga hafalan ayat-ayat suci dengan tidak mendengarkan musik atau lagu.

Lalu, bagaimana kaitan antara musik dan metode belajar menghafal?

Di tahun 1993, ahli neurobiologi Frances Rauscher dan fisikawan bernama Gordon Shaw memperkenalkan teori Mozart Effect. Dalam penelitian mereka, mendengarkan musik klasik bisa membantu mengembangkan fungsi otak.

Inilah awal mula muncul gerakan ibu-ibu hamil memperdengarkan musik klasik kepada janin mereka. Namun, kenyataannya musik klasik tidak berpengaruh tinggi pada IQ.

Hasil penelitian Rauscher dan Shaw juga menunjukkan bahwa efek peningkatan kemampuan otak saat mendengarkan musik hanya sementara. Mendengarkan musik sambil belajar hanya membantu meningkatkan mood, sehingga lebih antusias dalam belajar.

Di sisi lain, dalam jurnal European Journal of Social Sciences Education and Research berjudul The Impact of Music in Memory (2017) oleh Arian Musliu dan peneliti lain, menunjukkan memang ada kaitan antara musik dengan hafalan.

Mereka melakukan tes kepada 74 siswa berusia 17-22 tahun dan membaginya dalam tiga kelompok, yaitu kelompok belajar tanpa musik, dengan musik lirik, dan musik instrumental.

Mereka pun diminta menghafal selama 5 menit. Hasilnya, nilai kelompok yang belajar tanpa musik lebih tinggi dibandingkan kelompok lain.

Belajar sambil mendengarkan musik, terutama yang ada lirik, membuat otak sulit fokus antara mempelajari materi atau memproses lirik musik.

Peneliti pun menyimpulkan bahwa mendengarkan musik justru bisa mengganggu proses belajar, apalagi jika tujuannya untuk menghafal.

Jadi, mendengarkan musik atau tidak mendengarkan musik adalah pilihan masing-masing. Tidak perlu ribut-ribut selama pilihan tersebut tidak merugikan dirimu atau orang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US