The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pernah Dengar Soal 'Orbs'? Ternyata Bukan Penampakan Roh Halus, Tapi...
Penampakan Orbs, bulatan putih dalam hasil foto. (commons.wikimedia.org)
Fakta Dan Mitos

Pernah Dengar Soal 'Orbs'? Ternyata Bukan Penampakan Roh Halus, Tapi...

Sabtu, 06 Maret 2021 12:09 WIB 06 Maret 2021, 12:09 WIB

INDOZONE.ID - Kamu pernah dengar yang namanya orbs tidak?

Orbs ini berupa bulatan kecil putih yang biasanya muncul dalam hasil foto yang sering dianggap sebagai penampakan hantu atau roh halus.

Menurut penjelasan ilmiah dari berbagai sumber, orbs adalah adanya debu atau partikel cair hingga serangga berbentuk sangat kecil, atau material asing lain yang tertangkap kamera

Kenapa bisa begitu?

Pada dasarnya, orbs hanya muncul pada kondisi  gelap dan saat mengambil gambar dengan menggunakan flash atau lampu kamera. 

Ya, hanya itu alasan mengapa orbs bisa muncul. 

Pasalnya, partikel-partikel kecil yang berada di dekat lensa akan tertanggakap kamera saat lampu flash menerpanya dan memantulkan sebuah pantulan berbentuk bulatan-bulatan kecil yang putih atau transparan.

Biasanya, orbs akan cenderung banyak terjadi pada kamera saku, karena lampu flash berada sangat dekat dengan lensa, sehingga pantulan pantulannya langsung tertangkap dan menampilakn sebuah fenomena orbs.

Dalam istilah fotografi, fenomena orbs sebenarnya juuga ada hanya saja, penyebutannya berbeda. 

Di fotografi, fenomena orbs disebut 'orbs backscatter', yaitu konstruksi lensa dan built-in flash yang berdekatan sehingga mengacilkan sudut pencahayaan lensa. 

Hal itu mengakibatkan naikknya refleksi pencahayaan pada partikel kecil yang tidak terlihat oleh mata dan membentuk bulatan putih dalam foto.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US