Ini Perbedaan Baju Koko dan Baju Takwa!
Baju surjan atau baju takwa (kiri) dan baju koko (kanan). (Lazada)
Fakta Dan Mitos

Ini Perbedaan Baju Koko dan Baju Takwa!

Yulia Marianti
Jumat, 25 Oktober 2019 15:36 WIB 25 Oktober 2019, 15:36 WIB

INDOZONE.ID - Buat yang beragama muslim, pasti sudah tidak asing lagi  dengan baju koko atau baju takwa. Biasanya baju koko digunakan oleh pria muslim saat mengikuti kegiatan keagamaan maupun beribadah ke masjid.

Namun kamu tau enggak kalau ternyata baju koko dan baju takwa itu ternyata berbeda lho! Menurut Pengamat Budaya Tionghoa peranakan, David Kwa, baju yang sekarang dikenal dengan baju koko tersebut sebenarnya turun temurun dari baju masyarakat China bernama 'Tui-Khim'.

Pada awal abad ke-20, para pria Tionghoa yang tinggal di Indonesia banyak menggunakan baju ini yang dipadukan dengan celana longgar dan biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Berjalannya waktu, baju Tui Khim juga banyak digunakan oleh warga pribumi. Asal mula sebutan Koko karena bisanya yang menggunakan baju ini adalah engkoh-engkoh yang disebut dalam bahasa Indonesia menjadi koko, itulah mengapa baju ini disebut baju koko.

Sementara, baju takwa tidak diadopsi dari baju Tui Khim, melainkan hasil modifikasi dari baju tradisional Jawa, yaitu Surjan. Surjan adalah salah satu pakaian adat Jawa yang dipakai pria sehari-hari.

Baju takwa ini biasanya digunakan untuk menghadiri upacara resmi ada Jawa dengan dilengkapi blangkon (sejenis penutup kepala yang dibuat dari batik) dan bebetan.

Biasanya, baju takwa ini berupa garis-garis vertikal berwarna cokelat muda dan cokelat tua. 

Sunan Kalijaga yang pertama kali memodifikasi surjan menjadi baju takwa. Sunan Kalijaga merancang bajunya sendiri yang disebut baju takwa, dari baju Surjan. Baju surjan biasanya berlengan pendek, sedangkan oleh Sunan Kalijaga baju tersebut dijadikan lengan panjang.

Nah, gimana guys? sekarang sudah tau kan perbedaan baju koko dan baju takwa!

Artikel Menarik Lainnya:

Pajak Moge Turun, Angin Segar Buat Pemain Roda Dua

Bikin Merinding! Ini 5 Hantu yang Menghantui Universitas Terkenal

Bikin Jantung Copot, Ini Jembatan Ekstrem di Sumatera Utara

TAG
Yulia Marianti
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU