The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Misteri Cincin Api yang Mengelilingi Wilayah Indonesia, Jadi Penyebab Bencana Alam
Tim penyelamat Indonesia membawa jenazah korban dari lokasi longsor akibat gempa di Cugenang, Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 22 November 2022 (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)
Fakta Dan Mitos

Misteri Cincin Api yang Mengelilingi Wilayah Indonesia, Jadi Penyebab Bencana Alam

Cincin api pasifik.

Selasa, 22 November 2022 21:00 WIB 22 November 2022, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Gempa magnitudo (M) 5,6 yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat kembali mengungkap fakta bahwa Indonesia berada di wilayah rawan bencana. Indonesia terletak di antara jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Posisi ini membuat Indonesia berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik yang seringkali menjadi penyebab bencana.

Dikutip dari Nationalgeographic, berada di wilayah cincin api membuat Indonesia rawan dengan bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

Sekitar 90 persen dari gempa bumi yang terjadi dan 80 persen dari gempa bumi terbesar di dunia terjadi di sepanjang wilayah cincin api yang apabila bertemu dapat menghasilkan tumpukan energi.

Baca juga: Misteri Gempa Cianjur Jadi Ramalan Ilmuwan Akan Kemungkinan Bencana Besar di Masa Depan

Cincin api pasifik (Wikipedia)
Cincin api pasifik (Wikipedia)

Di sekitar pertemuan tiga lempeng inilah terjadi akumulasi energi tabrakan. Tumpukan energi yang tak dapat ditahan akhirnya dilepas dalam bentuk gempa bumi.

Baca juga: BNPB: 103 Orang Meninggal Dunia karena Gempa, Cianjur Tetapkan Status Tanggap Darurat

Daerah gempa berikutnya (5-6 persen dari seluruh gempa dan 17 persen dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatera melalui Himalaya, Mediterania hingga ke Atlanitka.



TAG
Dina Agustina
Anisa Rizwani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US