The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Kapal Nemi, Kapal Raksasa yang Lahir dari Kegilaan Caligula akan Teknologi dan Pesta
Potret kapal Nemi yang dirancang untuk tempat pesta poranya kaisar Caligula. (Ancient of Greek)
Fakta Dan Mitos

Kisah Kapal Nemi, Kapal Raksasa yang Lahir dari Kegilaan Caligula akan Teknologi dan Pesta

Sabtu, 06 Agustus 2022 10:30 WIB 06 Agustus 2022, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Kaisar Caligula memang sangat dikenal akan kegialaannya, bahkan dalam hal teknologi ia sangat tak masuk akal memaksa orang-orang Romawi untuk melahirkan sebuah kapal raksasa.

Kapal Nemi menjadi salah satu bukti dari kegilaan Caligula yang berhasil. Dengan memanfaatkan pemikiran gilanya akan teknologi, ia mampu merancang dan menggambarkan keinginannya untuk memiliki sebuah kapal yang sangat besar.

Baca Juga: Arkeolog Ungkap Komputer Pertama di Dunia Ditemukan pada 178 SM, Ini Buktinya

Dikutip dari Ancient of Greek, kaisar Romawi yang terkenal bejat, Caligula, memerintahkan rakyat Romawi untuk membuat dua kapal tongkang yang sangat besar.

Kapal raksasa permintaan kaisar Caligula
Rancangan kapal Nemi permintaan dari kaisar Caligula. (Ancient of Greek)

Kedua kapal tersebut ia minta mampu mengapung di danau Nemi yang ukurannya relatif kecil. Niatnya, Caligula ingin menjadikan kapal besar tersebut untuk tempat berpesta pora menghabiskan waktu dan hartanya selama musim panas.

Kapal Nemi pun berhasil dibuat oleh rakyat Romawi dan digunakan sesuai dengan kehendak sang kaisar. Kapal tersebut tidak memiliki alat penggerak seperti layar, kapal Nemi dimaksudkan untuk berlabuh saja. Dayung besar dan dayung panjang yang ada hanya digunakan untuk mengarahkan kapal.

Namun sayang seribu kali sayang, saat dirinya dibunuh oleh aliansi Garda Praetoria pada tahun 41 Masehi, kapal raksasa tersebut harus dimusnahkan dan menjadi sejarah untuk pembuatan kapal-kapal raksasa di era berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US