Malala Yousafzai Penerima Nobel Termuda di Usia 17 Tahun
photo/Flickr/Goodread Bio
Fakta Dan Mitos

Malala Yousafzai Penerima Nobel Termuda di Usia 17 Tahun

Reka
Kamis, 17 Oktober 2019 11:30 WIB 17 Oktober 2019, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Malala Yousafzai adalah seorang aktivis pendidikan yang menerima Nobel Perdaiman sekaligus menjadi penerima Nobel termuda di tahun 2014 pada saat usianya 17 tahun.

Dirinya lahir pada 12 Juli 1997 di Mingora, Pakistan. Di tahun 2008 ia sudah mulai berbicara di depan publik untuk memperjuangkan hak atas pendidikannya, sebab kelompok Taliban yang mencoba menguasai daerah tempat tinggalnya dan menyerang sekolah hingga serangan bom bunuh diri.

Malala pun menulis pada sebuah blok untuk BBC tentang hidup di bawah ancaman Taliban yang menolak adanya pendidikan. Saat perang Taliban melawan Pakistan meledak di tahun 2009.

Ia menjadi pengungsu di negaranya. Malala kembali menyerukan suaranya melalui media demi melanjutkan kampanye hak untuk sekolah. Ia masuk ke dalam nominasi Nobel Perdamaian Anak International 2011.

Namun tak semua menyukai perjuangannya itu, pada 9 Oktober 2012, Malala ditembak oleh Taliban sebanyak 2 kali. Satu peluru mengena di kepala dan satu lagi bersarang di dekat lehernya. Syukur, nyawanya dapat tertolong saat dirinya dirawat di RS Queen Elizabeth di Iggris.

Setelah sekitar 6 bulan menjalani perawatan. Ia melanjutkan sekolahnya di Birmingham, Inggris. Dan kembali menyampaikan pidatonya pada 12 Juli 2013 mengenai hak-hak perempuan untuk bersekolah, perlawanan terorisme dan kebodohan. 

TAG
Reka
Reka

Reka

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU