The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan Astronomi antara Meteor, Asteroid, dan Komet!
Perbedaan astronomi antara Meteor, Asteroid, hingga Komet. (Photo/Ilustrasi/Newsweek)
Fakta Dan Mitos

Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan Astronomi antara Meteor, Asteroid, dan Komet!

Sabtu, 15 Januari 2022 18:47 WIB 15 Januari 2022, 18:47 WIB

INDOZONE.ID - Meteor, meteorit, meteoroid, asteroid, komet merupakan benda berterbangan yang berasal dari luar angkasa. Tetapi, apakah mereka semua adalah hal yang serupa? Meskipun beberapa dari mereka mungkin tampak sangat mirip, jawabannya adalah tidak.

Jangan sampai keliru, ada perbedaan dan persamaan yang harus diluruskan terkait meteor, meteorit, dan meteorid serta bagaimana membandingkan atau berhubungan dengan asteroid dan komet.

Apa itu meteoroid?

Meteoroid adalah “benda kecil, berbatu atau logam yang berputar di ruang antarplanet di sekitar matahari. Meteoroid secara signifikan lebih kecil dari asteroid, mulai dari butiran atau partikel kecil hingga ukuran batu besar.” Dengan kata lain, meteoroid adalah "batu ruang angkasa" yang lebih kecil dari asteroid.

Apa itu meteor?

Meteor adalah "meteoroid yang telah memasuki atmosfer bumi ". Pada dasarnya, itu adalah tubuh kecil dari batu atau logam yang digunakan untuk melakukan perjalanan di luar angkasa, tetapi tersedot ke dalam gravitasi bumi.

Gesekan dari atmosfer membuatnya memanas dan bersinar, terkadang membuatnya terlihat saat melesat di langit. Apa yang terlihat dari Bumi adalah garis terang dan berapi-api di langit, dan kami juga menggunakan kata meteor untuk merujuk pada garis itu (berlawanan dengan benda itu sendiri).

Karena meteor melesat begitu terang di langit, kata sifat meteorik kadang-kadang digunakan secara metaforis untuk menggambarkan sesuatu yang tiba-tiba, cemerlang, dan cepat, terutama dalam frasa kenaikan meteorik.

Apa itu meteorit?

Meteorit adalah "massa batu atau logam yang telah mencapai Bumi dari luar angkasa." Dengan kata lain, meteorit adalah meteoroid yang masuk ke atmosfer bumi tetapi tidak terbakar seluruhnya, malah bertahan untuk menabrak permukaan. Meteorit cenderung lebih besar dari meteor yang terbakar sebelum sampai ke permukaan.

Baca juga: Times Square Killer: Kisah Nyata Pembunuhan di New York oleh Richard Cottingham

Apa perbedaan antara meteor, meteorit, dan meteoroid?

Meteoroid, meteor, dan meteorit sebenarnya adalah nama untuk batuan ruang angkasa pada tahap yang berbeda. Yang melayang-layang di luar angkasa adalah meteoroid. Yang masuk ke atmosfer bumi dan terbakar disebut meteor. Yang tidak terbakar seluruhnya dan malah menabrak permukaan bumi disebut meteorit.

Apa itu asteroid?

Asteroid adalah salah satu dari jutaan benda langit kecil yang berputar mengelilingi matahari, seringkali berbentuk tidak beraturan dan memiliki rentang ukuran yang besar. Asteroid juga bisa disebut planet minor atau planetoid.

Asteroid biasanya terdiri dari batuan atau logam. Mereka lebih besar dari meteoroid, tetapi mereka dapat berkisar dari yang sekecil enam kaki hingga lebih dari 600 mil. 

Apa itu komet?

Komet adalah benda langit yang bergerak mengelilingi matahari, biasanya dalam orbit yang sangat eksentrik, terdiri dari massa pusat yang dikelilingi oleh selubung debu dan gas yang dapat membentuk ekor yang mengalir menjauhi matahari.

Komet sebagian besar terdiri dari es, debu, dan beberapa bagian berbatu—komet terkadang dijuluki "bola salju kotor" karena alasan ini. Ini membedakan mereka dari asteroid, yang sebagian besar adalah batu atau logam. Seperti asteroid, komet sering mengorbit matahari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US